Bupati Nilai Integritas UNBK Lebih Tinggi Dari Pada Ujian Secara Manual – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Bupati Nilai Integritas UNBK Lebih Tinggi Dari Pada Ujian Secara Manual

Kepala UPT SMAN 13 Bone Harmangsyah SPd MPd saat mendampingi Bupati Bone Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi saat memantau pelaksanaan UNBK di kelas.

RADARBONE.CO.ID, WATAMPONE–Bupati Bone Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA/MA di sejumlah sekolah, Selasa, 04 April 2019. Setidaknya ada empat sekolah yang dikunjungi orang nomor 1 di Bumi Arung Palakka ini yakni SMA Negeri 1 Bone, MAN 1 Bone, SMA Negeri 3 Bone terakhir di SMA Negeri 13 Bone.

Dari hasil pemantauannya, Fahsar melihat selain sekolah memang sudah siap menjadi penyelenggara, termasuk siswa juga terbilang siap menghadapi ujian. “Alhamdulillah saya melihat disamping sekolah memang siap dan yang lebih penting adalah anak-anak kita juga pada siap semua. Terbukti belum selesai waktunya, soal sudah selesai dikerjakan,” ungkap Fahsar.

Selain itu, Fahsar juga mengapresiasi pelaksanaan UN yang tidak lagi berjalan secara manual, melainkan sudah berbasis komputer. Menurutnya, pelaksanaan UNBK nilai integritasnya lebih tinggi, sehingga tingkat kebocoran soal hampir dipastikan sangat sulit terjadi dan itu bisa dilihat meski peserta ujian berdekatan siswa tidak bisa saling nyontek karena soal yang disajikan berbeda. “Jadi kemurnian nilai ilmiahnya sangat bagus, dan secara tidak langsung dapat meningkatkan integritas siswa,” ujarnya.

Melalui pelaksanaan UNBK tahun ini, orang nomor 1 di Bumi Arung Palakka ini juga berharap kualitas pendidikan semakin bagus, sehingga memberikan dampak kepada pengetahuan anak-anak. Karena menurutnya, ketika kualitas pendidikan bagus, maka masa depan daerah Kabupaten Bone juga menjadi lebih bagus.

“Untuk itu, mari kita menjaga penerapan kurikulum yang ada, dan yang lebih penting metode pembelajaran sesuai dengan standar yang ada. Memang kita menyadari masih ada kekurangan-kekurangan yang harus dilakukan perbaikan seperti kekurangan perangkat komputer, tapi saya kira pelang-pelang pemerintah akan memperbaiki itu,” tandasnya.

Kepala UPT SMA Negeri 13 Bone Harmawangsyah SPd MPd mengaku sejauh ini pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 13 Bone masih berjalan lancar dan sukses. “Semua komputer yang dipakai siswa ujian telah terkoneksi dengan baik. Mudah-mudahan sampai terakhir pelaksanaan UNBK, kami tak menemukan kendala apapun,” harapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top