Bus Sekolah Mogok Jalan, Bupati Bone Janji Operasikan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Bus Sekolah Mogok Jalan, Bupati Bone Janji Operasikan

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Bupati Bone, Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi angkat bicara terkait mangkraknya bus sekolah di daerah ini. Orang nomor satu di Bumi Arung Palakka ini setuju jika bus sekolah dioperasikan seperti semula. Apalagi, sudah keluar edaran polisi terkait larangan siswa membawa kendaraan bermotor.

Untuk pendanaan operasional bus sekolah, ia pun akan mempertimbangkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pokok Tahun Anggaran 2018.

Hal ini ditegaskan bupati saat ditemui RADAR BONE usai menghadiri rapat paripurna DPRD Bone, penyerahan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (RAPBD-P) Tahun Anggaran 2017, Rabu, 27 September kemarin.

“Kalau di APBD Perubahan tidak memungkinkan, mengingat terbatasnya anggaran. Nanti kita pertimbangkan di pokok dan termasuk kita upayakan adanya bantuan dari Kementerian Perhubungan,” ujar Fahsar.

Senada diungkapkan Wakil Bupati Bone, H Ambo Dalle. Diakui wakil bupati, pengadaan bus sekolah khususnya di wilayah perkotaan memang mendesak. Apalagi padatnya jumlah siswa di wilayah perkotaan.

“Kalau tidak ada bantuan di Kementerian Perhubungan bisa kita upayakan di APBD selama kemampuan anggaran memungkinkan,” tutupnya.

Sementara itu, Kasubag Program dan Keuangan Dinas Perhubungan Kabupaten Bone, A Arwin mengatakan bus sekolah mulai tak beroperasi sejak 2015. “Tidak aktif karena siswa sendiri yang tidak mau naik bus sekolah,” tutur Arwin saat menghubungi RADAR BONE, Rabu, 27 September kemarin.

Meski demikian, kata dia bus sekolah tetap difungsikan untuk kegiatan kegiatan lain. “Salah satu bus digunakan untuk mengangkut atlet pra porda di Selayar,” tambahnya.

Terkhusus bus sekolah lain yang disulap menjadi bus pariwisata, lanjut Arwin, hal itu hanya bersifat sementara demi kepentingan daerah. “Disulap jadi bus pariwisata dalam rangka menghadapi penilaian Kabupaten Bone Sehat. Itu sifatnya hanya sementara,” jelas dia.

*

To Top