Cadangan Dana Bank Wilayah Bosowa Jelang Lebaran Capai Rp500 M – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Cadangan Dana Bank Wilayah Bosowa Jelang Lebaran Capai Rp500 M

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Menjaga ketersediaan dana di bank jelang lebaran, Bank Indonesia mengucurkan dana cadangan di kas titipan Bone sebesar Rp500 miliar. Dana cadangan ini dipersiapkan untuk seluruh bank di wilayah Bone, Soppeng dan Wajo.

Kas titipan ini ditempatkan di Bank Sulsel Cabang Utama Bone di Jl Ahmad Yani. Kas titipan Bone adalah yang keempat, setelah Parepare, Palopo dan Bulukumba.  Awalnya BI menyiapkan dana Rp150 miliar untuk memback up ketersediaan dana pada kas titipan Bone. Menjelang Hari Idul Fitri 1438 Hijryah, BI melakukan suntikan dana hingga empat kali. Saat ini, total dana yang digelontorkan BI ke kas titipan Bone mencapai Rp500 miliar. Besarnya dana yang digelontorkan tidak terlepas dari potensi tingginya transaksi penarikan dana nasabah di bank menjelang lebaran.

“Ada bank yang membutuhkan dana bisa dia tarik, dan kemudian ada bank yang kelebihan dana bisa disetor ke situ. Itulah namanya kas titipan,” ungkap Bambang Utoyo, Pimpinan Bank Sulselbar Cabang Utama Bone saat ditemui RADAR BONE di ruang kerjanya, Selasa, 13 Juni lalu.

Diakui Bambang, cadangan dana hingga Rp500 miliar tersebut dipersiapkan untuk memback up seluruh bank yang ada di wilayah Bone, Soppeng dan Wajo (Bosowa) menghadapi lebaran Idul Fitri 1438 H. “Kita siapkan dana tersebut nantinya sampai tanggal 23 Juni 2017, karena mengingat menyambut hari libur,” jelasnya. Menghadapi penarikan dana besar-besara dari nasabah menjelang dan selama lebaran, sejumlah bank di daerah pun melakukan persiapan serupa.

Kepala Bank Mandiri Cabang Bone, Fatkur Rahman mengatakan untuk menyambut lebaran, pihaknya mempersiapkan dana dua kali lipat dari hari biasa. “Biasanya ATM kita di isi 3 kali perminggu, jelang lebaran meningkat menjadi 6 kali,” tutur Fatkur. Namun demikian, ia enggan membeberkan nominal dana yang disiapkan.

“Soal angkanya, saya tidak tahu persis, karena ada yang bertugas untuk itu (pengisian ATM),” jelas Fatkur seraya mengakui ATM milik Bank Mandiri berjumlah delapan unit. Pihak Bank BCA Cabang Bone juga menyatakan telah menyiapkan stok dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang lebaran.

“Kami selalu menyediakan stok dana yang selalu memenuhi kebutuhan masyarakat. Yang tidak pernah habis karena mesin yang kami pakai sistem tarik dan menyimpan,” kata Ardi Dedek, Customer BCA. Kepala Bank BRI Cabang Watampone, Adi Widya Prakasa memperkirakan penarikan dana dalam jumlah besar oleh nasabah akan terjadi pekan depan. Karenanya, untuk mengantisipasi itu, kata Ady pihaknya sudah mempersiapkan stok dana yang cukup di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik BRI yang berjumlah 25 unit.

“Saat ini masih normal. Minggu depan mungkin sudah mulai ada penarikan dana yang besar. Kita sudah diantisipasi itu. Ada petugas standby untuk pengisian ATM,” ungkapnya saat dihubungi RADAR BONE, Rabu, 14 Juni kemarin.
Hal senada diungkapkan Kepala BNI Capem Watampone, Abdullah. Menurut Abdullah sebagai antisipasi tingginya transaksi keuangan yang dilakukan nasabahnya pada libur lebaran mendatang, pihaknya akan memaksimalkan layanan ATM.

“Selama ini layanan kami selalu standby 24 jam melalui ATM, dan tentu saja akan kami maksimalkan lagi selama libur lebaran mendatang,” katanya. Diakui Abdullah ada 13 unit ATM milik BNI yang setiap pekannya rata-rata diisi uang tunai sebesar Rp400 juta per unit. Menghadapi libur lebaran akan ditambah sesuai kebutuhan.

“Meskipun karyawan libur selama sepekan, tetap tetap ada petugas yang memantau transaksi di ATM sehingga jika dananya habis, akan cepat di isi lagi,” jelasnya. \

*

To Top