Camat Ajangale Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf. Langgar Undang-undang Pemilu? – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Camat Ajangale Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf. Langgar Undang-undang Pemilu?

RADARBONE.CO.ID–Setelah 15 Camat se Kota Makassar yang mendeklarasikan diri mendukung Jokowi-Ma’ruf, kini giliran Camat Ajangale, Kabupaten Bone bersama sejumlah kepala desa yang turut mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 itu.

Video deklarasi dukungan Camat Ajangale,  A Mappangara bersama kepala desa dan lurah ramai tersebar di grup Whatsapp.

“Camat Ajangale Kabupaten Bone bersama seluruh lurah dan kepala desa mendukung Pasangan Jokowidodo-Ma’ruf Amin,” ucap Mappangara dalam video itu.

Dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 sudah dijelaskan tentang larangan-larangan yang tak boleh dilakukan ASN. Bukan hanya ASN, kepala desa juga tak boleh ikut serta dalam kampanye Pemilu caleg dan capres.

Aturan ASN untuk tidak membuat kebijakan yang menguntungkan atau merugikan peserta pemilu tertuang di Pasal 490 dan Pasal 494 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Pasal 490 UU nomor 7 Tahun 2017 menegaskan setiap kepala desa atau sebutan lain yang dengan sengaja membuat keputusan dan atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan peserta pemilu dalam masa kampanye,  dipidana paling lama 1 tahun penjara dan denda Rp12 juta.

Pasal 494 uu Nomor 7 Tahun 2017 berbunyi, setiap ASN, anggota Polri, TNI,dimaksud pada pasal  280 ayat 3 dipidana dengan kurungan penjara dan denda Rp12 juta.

Lantas apa respon Bawaslu Bone?.  Anggota Bawaslu,  M Alwi menegaskan akan mempelajari video tersebut,  untuk memastikan ada unsur pelanggaran di dalamnya.

“Kita akan pelajari dulu dinda. Yang jelas dalam aturan, netralitas ASN itu mutlak dan merupakan keharusan,” ujar Alwi.

Penegasan serupa diungkapkan anggota Bawaslu Bone, Ridwan Husaefah. “Insya Allah kami akan proses ini sesuai prosedur,” tegas Ridwan.

*

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top