Car Free Day Di Pusatkan di Stadion Lapatau, Pemkab Setengah Hati – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Car Free Day Di Pusatkan di Stadion Lapatau, Pemkab Setengah Hati

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Pemkab Bone sepertinya tak serius dalam menerapkan Car Free Day. Stadion Lapatau yang notabene bebas dari hiruk pikuk kendaraan, dipilih sebagai lokasi Car Free Day. Penetapan Stadion Lapatau menjadi kawasan CFD di daerah ini mengundang sorotan berbagai kalangan. Betapa tidak, pemkab dinilai terkesan ingin gampangnya saja. Sejauh ini, kawasan stadion menjadi pusat tempat berolahraga bagi masyarakat pada sore hari dan Minggu. Maklum, belum ada lokasi CFD yang ditetapkan pemerintah daerah.

Akademisi Idris SSos MSi mengatakan, program CFD sesungguhnya dikhususkan untuk masyarakat kota, yang jarang melakukan kontak sosial, sehingga intraksi dan sosialisasinya kurang, karenanya dibuatlah program CFD sebagai ruang untuk mereka menikmati udara segar dalam satu pekan. Selanjutnya, kata dia lokasi ditempatkan pada jalan-jalan utama. Terkhusus di Bone, lokasi yang tepat adalah Jl Ahmad Yani hingga Jl Petta Ponggawae (Lapangan Merdeka).

“Kegiatan Car Free Day ini sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai ruang publik dan ruang sosial untuk warga kota. Makanya ini biasanya dilakukan di tengah tengah kota atau yang menjadi ikon kota tersebut seperti di Makassar itukan melewati Losari. Kalau di Bone ini bagusnya di kawasan Lapangan Merdeka,” ungkapnya.

Sorotan lain datang dari Aktivis Pemuda Ali Yusra SSos. Ali menyebutkan dimana-mana lokasi CFD berada di tengah kota. “Di stadion itu tempatnya masyarakat berolahraga, sehingga hampir tidak ada kendaraan yang melintas. Jadi tak perlu dilakukan kegiatan Car Free Day, karena memang jarang ada kendaraan,” kata Ali Yusra.

Sejatinya, kata Ali, pemerintah daerah mempersiapkan dengan matang lokasi CFD. Bukan terkesan asa;-asalan atau memilih gampangnya saja. “Yang harusnya menjadi lokasi CFD, yakni jalan-jalan utama yang memang pantas menjadi lokasi CFD. Kawasan Lapangan Merdeka, saya kira lokasi yang tepat, juga ikon kota,” tambah Yusra.

Karenanya ia mengharapkan pemerintah daerah meninjau kembali penunjukan lokasi CFD. “Kalau Stadion jadi lokasi CFD yah sama saja bohong. Ini terkesan akal-akalan pemda saja menunjuk lokasi. Pemda terkesan setengah hati menerapkan CFD,” kunci dia.

Wakil Bupati Bone, Drs H Ambo Dalle MM dikonfirmasi membenarkan terkait penunjukan Stadion Lapatau sebagai lokasi CFD. Ambo Dalle menegaskan penunjukan Stadion hanya bersifat sementara saja. Ke depan, kata dia CFD akan dipusatkan di kawasan Lapangan Merdeka Watampone. “Untuk memusatkan kegiatan Car Free Day di sana (Lapangan Merdeka) tentu membutuhkan waktu, karena harus diawali dengan proses sosialisasi karena ini terkait pengalihan arus kendaraan,” katanya.

Kegiatan Carr Free Day dinilai bagus, selain untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan cara berolahraga, juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
“Kalau program Car Free Day ini dapat berjalan nantinya, tentu perekonomian masyarakat dapat berkembang, karena mereka bisa berjualan di sekitar tempat berolahraga. Bahkan di Makassar itu, selain penjual makanan ada juga penjual baju,” terangnya.*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top