Catat, Analisa Kopel Sinjai Terkait Kinerja Pemda Sinjai – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Catat, Analisa Kopel Sinjai Terkait Kinerja Pemda Sinjai

PENULIS : LUKMAN SARDY

SINJAI, RB–Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Sinjai menilai kinerja pemerintah daerah dibawah kepemimpinan HM Sabirin Yahya-HA Fajar Yanwar masih rendah.
Menurut Akmal, hal itu terlihat dari Indikator sosial makro ekonomi seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM), income perkapita masyarakat, pertumbuhan ekonomi dan angka kemiskinan yang dirilis beberapa hari sebelumnya, disalah satu pertemuan internal Kopel Sinjai.

Menurut Akmal berdasarkan data yang dimliki Kopel Sinjai, capaian pertumbuhan ekonomi Sinjai berada diangka 7,0 persen atau berada pada peringkat 16 dari 24 kabupaten dan kota di Sulsel. Capaian itu lanjut dia, masih jauh dari capaian Provinsi Sulsel dengan capaian 7,75.

IPM dengan capaian 63,83 dengan peringkat 20 dari 24 kabupaten dan kota, sementara untuk penduduk miskin capainnya 9,56 persen atau berada pada peringkat 11 dari 24 kabupaten kota di Sulsel.

Sementara dari sisi pengelolaan keuangan, tata kelola keuangan lanjut dia, tak menunjukkan perbaikan. Dari penilaian BPK dalam satu tahun terakhir, selalu mendapatkan predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP).
Ketua Divisi Advokasi Pemantau DPRD, Akmal mendorong DPRD agar melakukan evaluasi berkala kinerja pemda, dengan menilai capaian sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD.

To Top