Catat!, Pasang Spanduk Liar Didenda Rp500 Ribu – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Catat!, Pasang Spanduk Liar Didenda Rp500 Ribu

Perempatan Jl Ahmad Yani dan Jl Dr Wahidin Sudirohusodo ini merupakan salah satu titik kerap menjadi tempat pemasangan spanduk.

WATAMPONE, RB–Pemerintah Kabupaten Bone telah mengeluarkan peraturan daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2016 tentang Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat. Di dalam perda ini diatur berbagai larangan yang bisa mengganggu ketertiban umum. Salah satunya adalah pemasangan spanduk di ruang publik. Pemasangan spanduk tanpa izin di tiang listrik, pohon, bangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial akan dikenakan denda Rp500 ribu. Tak hanya spanduk, penyebaran brosur dan pamflet di jalan umum juga disiapkan denda serupa. Larangan ini diatur dalam Pasal 26 Ayat I dalam perda tersebut.

Hanya saja, perda ini tidak tersosialisasi dengan baik sehingga masyarakat belum mengetahui regulasi tersebut. “Saya belum tahu, kalau sebar brosur bisa kena denda,” tutur Rustan salah seorang sales.

Sebelumnya Anggota DPRD Bone, H Saipullah Latief menegaskan perda yang telah disahkan, seperti perda yang mengatur ketertiban umum dan ketertiban masyarakat hendaknya disosialisasikan secara luas kepada masyarakat.
Apalagi pembahasan perda itu lanjut dia, menghabiskan anggaran yang tidak sedikit.

“Minimal satu perda itu dianggarkan Rp200 juta lebih dan itu sudah mencakup sosialisasinya,” ungkap Saipullah kepada RADAR BONE, beberapa waktu lalu.
Selain itu, perda yang ada hendaknya ditegakkan, sehingga tujuan lahirnya perda bisa tercapai. Salah satu bukti perda belum ditegakkan, yakni masih berkeliarannya hewan ternak di jalan umum.
“Kita sudah susah payah membahas perda ini. Harusnya itu segera ditertibkan,” tegasnya.

*

To Top