Catat!, Segini Jumlah Pemilih Pemula di Bone Versi Disdukcapil – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Catat!, Segini Jumlah Pemilih Pemula di Bone Versi Disdukcapil

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone mencatat angka pemilih pemula pada pilkada 2018 sebanyak 16.577 jiwa.  Angka ini dihimpun dari data penduduk yang sudah memasuki umur wajib pilih mulai Januari hingga Desember 2017.

Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Bone, A Darmawan Paelori yang dikonfirmasi RADAR BONE, Rabu, 30 Agustus lalu mengungkapkan data itu berhasil dihimpun selama satu tahun (2017) berdasarkan tanggal kelahiran penduduk yang dinilai umurnya sudah cukup untuk ikut menggunakan wajib pilih. Ini belum termasuk, data 2018 mendatang.

“Penduduk yang didata itu sebagian sudah merekam dan sebagian juga belum, maka tentu bagi yang belum merekam diharap untuk perekaman untuk mendapatkan KTP-el masing-masing di daerahnya.
Karena setiap kecamatan ada mesin perekaman yang telah disediakan,” tuturnya.

Hanya saja, sayangnya Darmawan tidak merinci data pemilih pemula yang belum melakukan perekaman tersebut.
Jika, pemilih pemula ini belum melakukan perekaman data KTP elektronik hingga memasuki tahapa pengimputan data pemilih, maka dipastikan mereka akan kehilangan hak pilih yang notabene menjadi pemicu turunnya angka partisipasi pemilih di pilkada 2018 kelak.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top