Catatan Pengelola PPI Lonrae Terkait Keberadaan Nelayan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Catatan Pengelola PPI Lonrae Terkait Keberadaan Nelayan

Empat Ribu Kapal Terdaftar, Cuma 300-an Aktif Melaut

RADARBONE.CO.ID–Potensi perikanan tangkap sesungguhnya cukup besar. Apa-lagi daerah ini berada wilayah pesisir Teluk Bone dengan garis pantai yang cukup panjang. Hanya saja, potensi itu belum terkelola secara maksimal.

Baharuddin, Watampone

Pihak Pengelola dan Penyelenggara PPI Dinas Perikanan Kabupaten Bone mencatat terdapat 4.000 kapal nelayan di daerah ini. Hanya saja, kapal yang rutin melaut yang ditandai aktif mengurus surat laik operasi (SLO) dan surat persetujuan berlayar (SPB) cuma berkisar 300-an kapal. Staf Pengelola dan Penyelenggara PPI Dinas Perikanan Kabupaten Bone, Nur Yamin mengatakan hal ini disebabkan banyak kapal milik nelayan yang sudah rusak sehingga tidak difungsikan lagi.

“Ada juga sementara proses perbaikan, makanya sejauh ini sesuai dengan data yang ada hanya ratusan unit yang sering mengurus SLO,” jelas Yamin kepada penulis, pekan lalu. Petugas Kepolisian Kelautan Dinas Perikanan Kabupaten Bone, Ishak menambahkan nelayan yang datang mengurus SLO dan SPB didominasi kapal yang bertonase kotor 10 gross tonage (GT).
“Untuk kapal 10 GT ke atas masing-masing mengurus SLO dan surat persetujuan berlayar (SPB), sedangkan kapal yang berukuran di bawah 10 GT hanya berhak mengurus SPB, tapi bebas SLO karena itu termasuk nelayan kecil,” bebernya.

Menurut Ishak pengurusan dokumen kapal nelayan untuk saat ini termasuk mudah, karena pengurusan sudah lewat satu pintu, sehingga nelayan tidak perlu mendatangi satu persatu instansi terkait. “Kecuali pada saat perpanjangan surat izin kapal harus melalui kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Bajoe (Syahbandar),” jelasnya.
Salah seorang nelayan, Madi mengakui tak kendala berarti yang dialami sejauh ini. “Kami tidak punya kendala, hanya saja terkadang pada saat mencari ikan tidak terlalu banyak yang didapatkan, tapi memang namanya usaha terkadang hasilnya banyak, terkadang pula hasilnya sediikit. Tidak pernah menentu, saya pikir semua pekerjaan seperti itu,” kunci dia.

(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top