Cerita Dibalik Keindahan Panorama Salo Merungnge (2) – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Cerita Dibalik Keindahan Panorama Salo Merungnge (2)

Pengunjung Salo Merungnge asyik mengabadikan foto sembari menikmati keindahan obyek wisata yang baru saja ditutup untuk sementara waktu..

Air Terjun Bersumber dari Mata Air ‘Bubung Latedong’ 

Salah satu daya tarik obyek wisata Salo Merungnge adalah kehadiran pesona air terjunnya. Tapi tak banyak yang tahu, bahwa sesungguhnya air terjun ini berada di Salo Lacang Pawie, bukan di Salo Merungnge.

Ardi Bin Waris, Palakka

Secara administratif air terjun ini berada di Dusun Lawere, Desa Ureng, Kecamatan Palakka. Tempatnya berada di atas gua Salo Lacang Pawie yang kira-kira ketinggianya hampir tiga meter.  Tampak sekilas, di atas uoa tersebut tidak ada sumber air atau sungai yang mengalir. Namun jika ditelusuri, sesungguhnya air tersebut berasal dari sumber mata air yang disebut dengan ‘Bubung Latedong’.

Cerita warga setempat, bahwa mata air tersebut muncul setelah digali seeko sapi. Konon, seekor sapi menggunakan tanduknya menggali tanah hingga membuat lubang besar dan mengalirkan air. Cerita ini sekaligus menjadi kisah asal mula sumur itu disebut dengan nama ‘Bubung Latedong’.

BACA JUGA  Pendaftaran Lelang Jabatan Ditutup, Pelamar Didominasi Kabag

“Dalam bahasa bugis sapi adalah tedong, maka sumur tersebut disebutBubung Latedong,” ungkap Bayu, salah seorang warga setempat. Menurut Bayu, ada dua gua yang berada di kawasan Salo Me-rungnge. Satu gua berada di Salo Merungnge dan gua lagi terletak di Salo Lacang Pawie. Kedua gua masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Gua Salo Merungnge, kata Bayu adalah sesungguhnya sebuah jembatan yang menghubungkan dua desa, yakni Ureng dan Pasempe. Sedangkan Gua Lacang Pawie memiliki air terjun yang indah yang menjadi daya tarik warga untuk berkunjung ke Salo Merungnge. “Jadi air terjun yang dikenal orang di luar itu sesungguhnya adalah Gua Lacang Pawie,” jelas Bayu.

Gambar air terjun tersebut telah menjadi viral setelah diunggah pengunjung ke media sosial.
Air terjun Bubung Tedong merupakan salah satu titik selfie bagi pengunjung. Bagi yang belum sempat menikmati keindahan air terjun di Salo Lacang Pawie tersebut harus bersabar menunggu obyek wisata Salo Merungnge dibuka kembali, setelah ditutup sementara oleh pemda pasca petak air bah terjadi, pekan lalu.

BACA JUGA  Kasus Narkoba Menonjol

(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top