CJH Dibebani Infaq Rp400 Ribu – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

CJH Dibebani Infaq Rp400 Ribu

Suasana pemberangkatan calon jamaah haji asal Bone Tahun 2015 lalu

PENULIS : ROSDIANA SULJA

WATAMPONE,RB–Calon Jemaah Jaji (CJH) di Kabupaten Bone memang tidak lagi dibebani dengan biaya transportasi dari Kota Watampone ke asrama haji Sudiang Makassar ataupun sebaliknya. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Bone telah menalangi biaya transportasi tersebut melalui APBD.

Hanya saja, setiap JCH tetap harus membayar infaq karena mereka tergolong sebagai orang mampu.
Pembayaran infaq ditampung Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Bone.
Ketua BAZ Kabupaten Bone, Drs H Abu Bakar MSi ketika dikonfirmasi RADAR BONE melalui sambungan telepon, Kamis 11 Agustus kemarin mengatakan jumlah zakat maal bagi CJH tahun ini tetap sama seperti tahun lalu, yakni Rp400 ribu. Jika melihat jumlah CJH tahun ini yang mencapai 593 CJH, maka bisa dipastikan infaq yang akan terkumpul mencapai Rp237.200.000.

“Setiap CJH menyetor zakat maal sebesar Rp400 ribu sama seperti tahun lalu,” terang Abu Bakar.
Adapun teknis penarikan pembayaran zakat dari CJH, Kepala Bappeda Kabupaten Bone ini menegaskan pihaknya menyerahkan kepada Seksi Urusan Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone yang bersentuhan langsung dengan para CJH.
“Kami tidak tahu sudah berada dana zakat yang terkumpul karena nanti kami minta sesuai kebutuham,” kata Abu Bakar.

Dia menegaskan, selama ini dana yang masuk di BAZ hanya diperuntukkan untuk biaya pembangunan masjid ataupun penyaluran dan bantuan kepada fakir miskin. “Dana yang disalurkan laporannya lengkap. Dan saya tegaskan jika dana BAZ tu tidak sepeser pun dipergunakan pengurus. Karena selama empat tahun saya ketuai BAZ, memang saya larang ada dana terhimpun diperuntukkan bagi pengurus,” kuncinya.

*ASKAR SYAM

To Top