Cuaca Buruk, UPP Berlakukan Sistem Buka Tutup – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Cuaca Buruk, UPP Berlakukan Sistem Buka Tutup

Sejumlah penumpang tidur di lobi kantor PT ASDP Cabang Bajoe menyusul penundaan pemberangkatan feri karena cuaca buruk, Senin, 19 Juni lalu.

PENULIS : BAHARUDDIN

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Bajoe menerapkan sistem buka tutup untuk pemberangkatan feri. Kebijakan ini ditempuh untuk mengantisipasi cuaca buruk.
Staf Kelaiklautan Kapal Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Bajoe, Sorindra mengatakan jadwal pemberangkatan feri pada Senin, 19 Juni lalu mengalami penundaan karena cuaca ekstrem. Ada tiga feri yang ditunda pemberangkatannya, kata Sorindra karena alasan keselamatan di laut.

“Sebenarnya pada hari Senin itu, ada tiga kapal yang akan berangkat. Jadwal pemberangkatan pertama pukul 14.00 Wita, yakni KMP Permata Nusantara. Disusul KMP Raja Laut pada pukul 22.00 Wita dan KMP Kota Bumi pada pukul 23.00 Wita. Namun pemberangkatan kapal yang terakhir itu harus ditunda, karena cuaca buruk,” jelas Sorindra.

Adapun feri yang berasal dari Pelabuhan Kolaka, yakni KMP Permata Nusantara, KMP Faiz dan KMP Misima terlambat bersandar, karena menunggu KMP Kota Bumi berangkat.
KMP Kota Bumi sendiri baru berangkat pada Selasa, 20 Juni kemarin sekira pukul 08.00 Wita.

“Selama bulan puasa baru kali ini ada penundaan pemberangkatan kapal, karena pengaruh cuaca ekstrem. Tapi memang kami di UPP selalu mengantisipasi setiap saat. Kalau memang cuaca tidak mendukung, maka pelabuhan harus ditutup. Tapi jika cuaca kembali normal, maka tentu kembali diaktifkan. Kami tegaskan seperti itu demi keselamatan penumpang sampai ke tujuannya,” ungkap Sorindra.

Ditambahkan Sorindra, saat ini ketinggian ombak di laut mencapai1,5 hingga 2,5 meter. Kemudian kecepatan angin mencapai 27 knot perjam.

*

To Top