Radar Bone

Berita Terkini

Dampak Covid19, 435 Karyawan Perusahaan di Bone Harus Dirumahkan

Novena dan Helios Terbesar Jumlah Tenaga Kerja

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Dampak pandemi covid-19 di Kabupaten Bone, sejumlah perusahaan terpaksa harus merumahkan sebagian karyawannya.

Berdasarkan laporan yang diterima dari Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone per 9 April 2020, sebanyak 435 orang karyawan dari 27 perusahaan di Bone untuk sementara tidak dipekerjakan akibat pandemi virus corona.

Jumlah karyawan yang dirumahkan tersebut, berasal dari industri perhotelan yang paling berdampak yakni Novena Hotel dan Helios selama ini beroperasi di Bone.

Sebanyak 180 orang karyawan Novena Hotel dan 60 pekerja Helios yang harus dirumahkan untuk sementara demi menjaga penyebaran virus corona.

Selebihnya perusahaan minuman, makanan, menjahit dan bergerak lembaga pendidikan kursus.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone Asiswa Karim mengatakan bahwa jumlah karyawan tersebut berasal sektor perhotelan, jasa, koperasi, industri, kursus dan umum.

Selain karyawan sudah dirumahkan oleh perusahaan tersebut, terdapat 3 orang tenaga kerja yang harus mendapat pemutusan hubungan kerja (PHK) dari perusahaan bergerak bidang koperasi.

Dengan mencermati kondisi yang dialami karyawan dan menjadi korban PHK, tentu saja harus menjadi perhatian pemerintah.

Pihak Dinas Ketenagakerjaan harus melaporkan ke provinsi dan pusat untuk bisa mendapat program kartu pra kerja sesuai kebijakan pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kompetensi Kerja.

“Kalau sudah tidak kerja nanti atau sudah di PHK, tentu harus mendapatkan bantuan melalui kartu pra kerja,” ujarnya, Kamis 9 April 2020.

Besaran yang menerima bantuan melalui program telah ditentukan oleh pemerintah.

Marketing Manajer Novena Hotel Suyuti mengakui sejumlah karyawan perusahaan terpaksa harus dirumahkan karena imbas covid-19.

“Untuk sementara kami rumahkan dulu sambil menunggu kondisi normal kembali,” tuturnya.

*muh.yusuf

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top