Dana Desa di Bone Mengendap – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Dana Desa di Bone Mengendap

PENULIS : ROSDIANA SULJA

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Besarnya dana mengucur ke desa ternyata tak disambut antusias pemerintah desa. Buktinya, terdapat Rp1,4 miliar dana desa tahun 2016 tak tersalur karena tak ada permintaan pencairan.

Sejatinya kucuran dana desa yang setiap tahun bertambah disambut suka cita oleh pemerintah dan masyarakat desa. Bagaimana tidak, suntikan dana dari pemerintah pusat jumlahnya rata-rata mendekati, bahkan di atas Rp1 miliar perdesa.

Sayangnya, limpahan dana tersebut tak dimanfaatkan secara maksimal sejumlah desa.
Terbukti, alokasi dana desa 2016 sebesar Rp200.922.535.000 yang diperuntukkan bagi 328 desa se Kabupaten Bone, ternyata sejauh ini masih terdapat Rp1.413.481.384 yang belum tersalur. Dana tersebut hingga kini mengendap di kas daerah dan tidak disalurkan ke desa.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bone, Drs A Fajaruddin MM yang dikonfirmasi RADAR BONE melalui sambungan telepon, Rabu, 17 Mei lalu membenarkan adanya sisa anggaran dana desa yang belum tersalur tersebut.

“Dana tersebut masih ada di kas daerah dan kita tidak salurkan karena tidak ada permintaan dari desa yang bersangkutan,” ungkapnya.

To Top