Dana Parpol di Bone Meningkat Rp400 Jt – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Dana Parpol di Bone Meningkat Rp400 Jt

PENULIS : RISNAWATI

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Partai politik (Paprol) di Bone, didesak mengoptimalkan program pendidikan politik. Apalagi, ada kenaikan signifikan dana parpol sebesar Rp 1000 per jumlah suara dari masing-masing partai.

“Kalau mengenai kenaikan dana, iya ada kenaikan karena kemarin itu hanya Rp2 ribu sekarang sudah Rp3 ribu per suara. Kalau data lengkapnya saya lupa yang jelas ada kenaikan karena ada aturannya bahwa satu suara sekian ribu, karena itu parpol kita hitung sekali dalam lima tahun,” ungkap Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bone, A Hasanuddin.

Artinya, ada kenaikan sekira Rp400 juta lebih dari dana parpol yang dianggarkan tahun sebelumnya.
“Kalau tahun kemarin kita anggarkan sekitar Rp900 juta lebih, sekarang sekitar Rp1,2 miliar. Jadi kenaikannya sekitar Rp400 juta jika ditotal,” jelasnya.

Pengamat politik, Rahman Arif menilai, kenaikan dana parol harus dibarengi pertanggungjawaban penggunaan dana yang harus lebih ditingkatkan.

“Yang penting kenaikan tersebut juga perlu diimbangi dengan peningkatan aspek transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana tersebut,” ujar Rahman.

Menurut dia, aspek akuntabilitas harus menjadi fokus perhatian, dalam mengelola penggunaan dana bantuan politik.

Termasuk lanjut dia, aturan tentang aktivitas yang bisa dibiayai dengan dana bantuan politik, yang harus diperjelas dan diperluas.

 

*

To Top