Data Bawaslu Bone, DPTHP-2 Bone Belum Bersih Dari Pemilih Ganda – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Data Bawaslu Bone, DPTHP-2 Bone Belum Bersih Dari Pemilih Ganda

Komisioner KPU Bone, A Mappaningsong saat mensosialisasikan pentingnya menyalurkan hak pilih, dengan menyasar kalangan pemilih pemula

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE, RB–Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP)-2 yang telah diplenokan KPU Bone, belum sepenuhnya bersih dari data ganda. Temuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), masih ada puluhan pemilih ganda yang terdata di daftar pemilih.

Pencermatan yang dilakukan Bawaslu Bone, masih terdapat sekira 282 pemilih ganda. Data ganda ini, tersebar di empat kecamatan, masing-masing Bengo, Ulaweng, Lapri dan Tellusiattinge.

Ketua Bawaslu Bone, M Alwi SE mengatakan, temuan data ganda tersebut, telah dikoordinasikan ke KPU Bone.
“Seperti di Bengo, itu ada 20 pemilih ganda, Ulaweng 25 pemilih ganda, Lappariaja 38 dan Tellu Siattinge 199. Itu belum masuk dari kecamatan lainnya. Kita masih terus memperbarui datanya melalui pencermatan yang dilakukan ditingkat Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) dan PPKD (Panitia Pemilihan Kelurahan dan Desa),” ujarnya.

Komisioner KPU Bone, A Mappaningsong mengatakan, pihaknya terus melakukan pencermatan data pemilih.
Data ganda yang ditemukan tersebut mulai dari ganda lintas provinsi hingga lintas TPS.
“Banyak jenisnya, ada ganda NIK, ganda nama, ganda alamat, umur, lintas kabupaten, provinsi, desa, kecamatan bahkan ada ganda TPS,” tukasnya.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Viryan meminta seluruh KPU provinsi atau kabupaten/kota untuk mengawasi dan menyelesaikan persoalan e-KTP ganda.

Ia membeberkan jika persoalan e-KTP ganda terjadi di semua daerah berdasarkan laporan yang masuk di KPU RI. Oleh sebab itu, Ia sangat berharap persoalan ini segera diselesaikan.
Meski demikian, ia meyakini jika masalah yang muncul soal e-KTP tak akan menggangu daftar pemilih tetap (DPT).

“Terkait dengan KTP elektronik kan itu tupoksi dari Dukcapil yang memberikan ke masyarakat. Tidak mengganggu DPT,” terangnya.

“Memang ada laporan masuk kepada kami pemilih ganda dan itu kan sudah 2 bulan yang lalu, sekarang jumlah sudah sedikit berkurang dan kami optimis ini bisa kami selesaikan,” terangnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top