DAU Bone Terancam Dipangkas – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

DAU Bone Terancam Dipangkas

WATAMPONE, RB–Pemerintah Kabupaten Bone harus siap-siap menerima pengurangan jatah dana alokasi umum (DAU) tahun ini. Angkanya tak tanggung-tanggung berkisar 3-4 persen dari nilai APBD 2017. Dana Alokasi Umum (DAU) yang dialokasikan ke Bone, kemungkinan besar akan dipangkas.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bone, Drs Abubakar MM menyebutkan, adanya isyarat Pemerintah Pusat bakal memangkas alokasi DAU di kisaran 3-4 persen dari APBD Kabupaten Bone Tahun 2017. Diketahui, APBD Kabupaten Bone Tahun 2017 sebesar Rp2,1 triliun.

“Besarannya jika diakumulasikan mencapai Rp40 miliar,” ungkap Abubakar saat menghadiri rapat badan Anggaran DPRD Bone, Selasa 4 Juli lalu.

Hanya saja, Abubakar tidak menyebutkan secara rinci alasan pemangkasan DAU, termasuk besaran DAU yang dialokasikan pemerintah pusat ke Bone.

“Soal alasan pemangkasan DAU, keuangan (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) yang lebih tahu,” ujarnya di hadapan Anggota Banggar DPRD Bone.

Kabid Anggaran BPKAD Bone, A Hasanuddin yang dikonfirmasi terkait pemangkasan DAU tersebut, mengatakan pihaknya belum bisa memastikan, karena masih menunggu penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017.

“Itu terancam karena kondisi keuangan negara belum bagus, jadi kemungkinan DAU yang dipotong, akan tetapi itu belum pasti karena itu baru wacana untuk menutupi devisit negara, dan juga belum ada kepastiannya,” ungkapnya.
Dengan adanya pengurangan DAU tersebut, kata pria yang akrab disapa Andi Daddy ini tentu berdampak pada pembangunan dan kegiatan infrastruktur lainnya.

“Kalau hal itu terjadi pasti kita juga lakukan pemotongan, tapi belum tahu apakah di infrastruktur atau dimana, yang jelas kami belum bisa bicara karena belum dipotong, kalau terkait pemotongan saya belum yakin karena belum ada aturannya karena kita berbicara aturan,”jelasnya.

Berdasarkan data yang tercatat dalam ringkasan APBD Kabupaten Bone Tahun 2017, Dana Alokasi Khusus yang diterima Kabupaten Bone ini sebesar Rp1.088.618.062.000. kemudian Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp431.313.044.000.

Adapun nilai APBD pokok 2017 mencapai Rp2.130.544.394.000.

*

To Top