Desember, Pilkades Jilid II Dihelat di Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Desember, Pilkades Jilid II Dihelat di Bone

Pelaksanaan simulasi Pilkades di depan kantor DPRD Kabupaten Bone, Jumat 2 September 2016

PENULIS : ROSDIANA SULJA – ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB—Perhelatan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak jilid II tak lama lagi digelar. Pemerintah Kabupaten Bone menjadwalkan pilkades gelombang kedua tersebut digelar awal Desember mendatang. Sebanyak 141 desa yang tersebar di 11 kecamatan siap memilih pemimpin baru. Tahapan pilkades serentak jilid II tersebut sudah dimulai bulan ini.
“Mulai Tanggal 1 September, tahapan pilkades serentak telah dimulai diawali dengan kegiatan persiapan seperti pembentukan panitia pemilihan, bintek panitia, penyusunan tata tertib,” terang Drs HA Muh Yamin Tahir MSi, Ketua Tim Koordinasi Pilkades Kabupaten Bone.

Asisten I Bidang Tata Praja Setda Bone ini menambahkan tahapan pencalonan dimulai dengan pengumuman pendaftaran pada 27 September mendatang. Kemudian disusul tahapan ujian penjaringan balon kades serta pemutakhiran data pemilih. Pemilihan kepala desa dijadwalkan pada awal Desember. Kemudian pelantikan kepala desa terpilih pada 26 Desember 2016 hingga 26 Januari 2017 mendatang.

“Kami mengimbau kepada para camat agar terus menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat di wilayah kerjanya sehingga tahapan pilkades serentak bisa berjalan lancar.

Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap II, Pemerintah Kabupaten Bone dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Linmas (Kesbangpol), menggelar simulasi yang melibatkan seluruh instansi yang terkait. Simulasi digelar di depan gedung DPRD Kabupaten Bone, Jumat 2 September kemarin.

Kepala Kesbangpol, Dray Vibrianto mengatakan, simulasi yang digelar tersebut, melibatkan semua instansi yang terkait, diantaranya Polres, Brimob, Kodim, Satpol PP, SAR, Damkar dan Dinkes.
“Instansi ini yang nantinya ikut terlibat dalam hal menyuk-seskan pelaksanaan Pilkades tahap kedua,” ungkapnya.
Menurut Dray, sebanyak 500 personel gabungan akan diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan pilkades yang dijadwalkan akan digelar pada November mendatang.

Alasan dipilihnya depan Kantor DPRD Bone sebagai pelaksanaan simulasi, mengingat aksi-aksi demo yang kerap terjadi pasca pilkades, sebagian besar terkonsentrasi di Kantor DPRD Bone.
“Namun tentunya kita tidak menginginkan ada lagi permasalahan pasca Pilkades. Namun antisipasi tetap perlu dilakukan. Salah satunya menggelar simulasi jika sewaktu-waktu terjadi aksi demo pasca pelaksanaan pilkades,” kunci Dray.

*ASKAR SYAM

To Top