Deteksi Sebaran Stunting, Dinkes Rakor Konvergensi Lintas Program dan Lintas Sektor – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Deteksi Sebaran Stunting, Dinkes Rakor Konvergensi Lintas Program dan Lintas Sektor

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE- Dinas Kesehatan Kabupaten Bone menggelar Pertemuan Koordinasi Konvergensi Lintas Program / Lintas Sektor Upaya Pencegahan Dan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Bone, Selasa, 26 Maret 2019 siang tadi di salah satu Wisma Tirta Kencana Jln. Kajaolaliddong, Kelurahan Manurunge Kecamatan Tanete Riattang.

Wakil Bupati Bone, Drs. H. Ambo Dalle, MM yang membuka acara dalam sambutannya mengarahkan agar kegiatan tersebut menjadi ajang untuk menyamakan persepsi terkait stunting.

“Pertama kita harus tahu stunting itu seperti apa, dan selanjutnya bagaimana
memetakan lokasi penderita stunting terbesar,” terangnya.

Wabup juga menegaskan agar dalam menyikapi persoalan tersebut maka harus melibatkan semua sektor.

“Kita tidak boleh egois, semua sektor harus terlibat dan berperan aktif sesuai tupoksi masing-masing mengatasi permasalahan ini,” tambahnya.

Sebagai Narasumber dari Ditjen Bina Bangda Kemendagri yakni Bpk. Irfanji, SKM., M.Kes.

Sebelumnya, Sekretaris Dinkes Kabupaten Bone, Andi Abdul Rasyid. S.Sos M.Si selaku ketua panitia dalam laporannya membeberkan, tujuan pertemuan tersebut untuk menganalisis sebaran stunting yang terjadi di wilayah Kabupaten Bone.

Sementara Kadinkes Bone, dr Hj Khasma MKes membeberkan, Dari hasil analisa situasi, maka terdapat 14 (empat belas) desa) dengan sebaran stunting yang cukup tinggi dengan layanan intervensi yang masih rendah.

“Keempatbelas desa yang ada di Kecamatan Tellulimpoe, Kecamatan Amali dan Kecamatan Cenrana inilah yang akan menjadi lokus integrasi intervensi percepatan pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Bone pada tahun 2020 mendatang,” ungkapnya.

Hadir dalam pertemuan itu Asisten II Bidang ekonomi Pembangunan, Drs A Gunadil Ukra MM, Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Bone,Kepala Bapedda Drs. H. Abubakar, M.M serta seluruh OPD yang tergabung dalam Tim Koordinasi Percepatan Pencegahan dan Penurunan Stunting Kabupaten Bone serta dari beberapa LSM dan NGO. Hal ini dengan sesuai SK Bupati Bone Nomor 146 Tahun 2019 .

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top