Dewan Siap Kawal – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Dewan Siap Kawal

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2017 telah telah ditetapkan menjadi perda, Rabu malam 30 November lalu.
Ada beberapa item penganggaran yang dicermati kalangan legislator. Salah satunya anggaran transportasi pupuk.
Anggota DPRD Bone dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Herman ST menegaskan, di APBD Tahun Anggaran 2017, dianggarkan transportasi pupuk sebesar Rp5 miliar.

Anggaran sebesar tersebut lanjut dia, dialokasikan untuk penyaluran pupuk di daerah terjauh. “Kita menerima anggaran tersebut selama penyalurannya tepat sasaran. Intinya pro rakyat,” tegas Herman.

Herman menyebutkan, anggaran tersebut diposkan untuk penyaluran pupuk bersubsidi. “Mekanismenya pengusulan dari kelompok tani ke distributor dan selanjutnya diteruskan ke dinas pertanian. Ini yang nantinya akan kita awasi secara ketat,” ujarnya.
Meski beberapa legislator awalnya menolak penganggaran tersebut, namun setelah menelisik mekanisme penyalurannya, maka penganggaran untuk transportasi pupuk pun tersebut disetujui.

“Mekanisme penyalurannya sudah ditata dan kita pasti akan terlibat mengawasi. Karena ketika anggaran tersebut ditolak dikhawatirkan akan merugikan petani. Dimana penyaluran pupuk di kawasan terpencil akan dikenakan lagi biaya. Saya juga berharap Dinas Pertanian aktif mensosia-lisasikan ini, agar masyarakat tahu bahwa ada anggaran transportasi pupuk yang disiapkan pemerintah,” tutupnya.

 

To Top