Di Bone, Dipastikan Hanya Dua Bakal Pasangan Calon Yang Mendaftar Pilkada – Radar Bone

Radar Bone

Uncategorized

Di Bone, Dipastikan Hanya Dua Bakal Pasangan Calon Yang Mendaftar Pilkada

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Masa pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Bone masih tersisa satu hari. Namun dipastikan hanya dua bakal pasangan calon (Bapaslon) yang mendaftar di KPU setelah jalur parpol dan jalur perseorangan tertutup.

Pilkada Bone diprediksi berlangsung head to head. Jika berkas dukungannya memenuhi syarat, maka dipastikan pasangan dr Umar-Dr HA Mappamadeng Dewang MSi (Umar-Madeng) menjadi penantang bakal calon petahana, Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi-Drs H Ambo Dalle MM (Tafa’dal).

Umar-Madeng masih harus menyetor 40.158 dukungan KTP elektronik, setelah pada verifikasi faktual tahap pertama hanya 21.801 dukungan KTP-nya yang dinyatakan memenuhi syarat (MS).
Ada 22.317 dukungan pasangan Umar-Madeng yang tidak memenuhi syarat (TMS) dari total 44.118 dukungan disetor ke KPU.

Untuk kekurangan dukungan yang mencapai 40.158 itu, pasangan Umar-Madeng masih punya waktu untuk melengkapinya pada 18-20 Januari mendatang. Jika mereka tak mampu memenuhi kekurangan dukungan selama tiga hari itu, maka dipastikan Umar-Madeng gugur dan Pilkada kotak kosong pun terjadi.

Sementara itu, pasangan Tafa’dal hampir dipastikan lolos ke Pilkada setelah mengantongi rekomendasi 11 partai politik dengan total dukungan 45 kursi di DPRD Bone. Dukungan itu jauh melebihi persyaratan KPU yang hanya mencapai 9 kursi.

Diketahui, Tafa’dal mendaftar di KPU pada hari pertama, Senin, 8 Januari lalu dan dikawal 11 parpol pengusung, diantaranya Golkar, PAN, Demokrat, PPP, PKS, PBB, PKB, PDIP, Gerindra, NasDem dan Hanura. Pasangan HA Fahsar Mahdin Padjalangi-H Ambo Dalle datang ke KPU dengan mengenakan busana adat didampingi istri.
Selanjutnya di hari kedua pendaftarana, menyusul pasangan Umar-Madeng.

Bakal pasangan calon yang maju melalui jalur perseorangan itu, resmi mendaftar di KPU, Selasa, 9 Januari kemarin.
Meski jumlah dukungan pasangan ini belum memenuhi jumlah yang dipersyarakatkan, namun pasangan Umar-Madeng tetap diberi peluang mendaftar, mengacu berita acara pleno perseorangan KPU.

Menggunakan kostum serba putih, Umar-Madeng bersama pendukungnya resmi menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU. Umar-Madeng sekaligus mengunci pendaftaran untuk kontestan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bone tahun 2018. Meski masa pendaftaran baru berakhir hari ini. Itu setelah Tafa’dal memborong seluruh parpol pemilik kursi, sedangkan jalur perseorangan sudah tertutup.

Kepada RADAR BONE, dr Umar mengaku optimis mampu melengkapi persyaratan dukungan yang tersisa yakni 40.158.  “Untuk sementara tim sedang melakukan pengumpulan dan sudah ada 90 persen atau 39 ribu lebih di tangan dari kekurangan dukungan itu. Dalam jangka waktu tujuh hari, kami akan penuhi dan akan disetor ke KPU pada 19 Januari mendatang,” tegas Umar.

Bakal calon wakil bupati pendamping dr Umar, HA Mappamadeng Dewang menambahkan, ada tiga program pokok yang akan ditawarkan ke masyarakat.

“Kami tak akan berjanji, namun kami bertekad untuk melaksanakan tiga fungsi pokok seperti, pemerintah harus memberikan pelayanan yang maksimal, perkapita meningkat dan perekonomian masyarakat sejahtera sehingga mereka tidak lagi bertumpu pada program raskin,” tukas Mappamadeng.

Sebelumnya, bakal pasangan calon petahana, HA Fahsar Mahdin Padjalangi-H Ambo Dalle (Tafa’dal) menegaskan akan berupaya maksimal mewujudkan Bone yang lebih baik lagi.
“Kami ingin masyarakat Bone lebih sejahtera lagi. Untuk itu Tafa’dal telah menyiapkan program yang nantinya langsung menyentuh ke masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Fahsar juga menjawab tudingan masyarakat terkait janji politiknya di Pilkada 2013 lalu.
“Soal jumlah tenaga kerja, itu sudah melampaui target. Bisa dicek sendiri di Dinas Ketenagakerjaan. Dana Rp100 juta per desa itu sudah berjalan, terbukti dari data angka pekerja di Badan Pusat Statistik dan kucuran dana yang masuk di Desa,” terangnya.

Fahsar mengakui, masih ada janji politiknya yang belum terealisasi 100 persen. Salah satunya pupuk murah dan merata. “Ini dikarenakan setiap tahun jumlah stok pupuk di Bone selalu bertambah bahkan Bone ini merupakan urutan terbesar kuota pupuk di Sulawesi Selatan. Untuk mengatasi hal itu, kami juga selalu melakukan penambahan kuota,” tambahnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone, memastikan hanya ada dua pendaftar bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati-wakil bupati yang akan diverifikasi berkasnya.

Ketua KPU Bone, Aksi Hamzah menegaskan, hanya pasangan Tafa’dal dan Umar-Madeng yang mendaftar ke KPU, meski pendaftaran dibuka hingga Rabu 10 Januari hari ini.
“Saya sudah kontak A Asrul, dia sudah mengatakan tidak ikut di kontestasi Pilkada 2018,” ujar Aksi kepada RADAR BONE, Selasa, 9 Januari kemarin.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top