Di Lapas Watampone, Ada 68 Napi Yang Terancam Tak Mencoblos di TPS – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Di Lapas Watampone, Ada 68 Napi Yang Terancam Tak Mencoblos di TPS

PENULIS : ASKAR SYAM

RADARBONE.CO.OID_WATAMPONE, RB–Sebanyak 68 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas Klas IIA Watampone terancam tak memilih pada pemilu 2019 mendatang. Pihak lapas memastikan ke 68 warga binaan tersebut belum memiliki KTP elektronik.

Lapas Klas IIA Watampone bergerak cepat memastikan seluruh warga binaan bisa menyalurkan hak pilih di pemilu. Pada perekaman terakhir, total 55 warga binaan pemasyarakatan telah terlayani dan mengantongi KTP elektronik. Tersisa 68 warga binaan pemasyarakatan yang belum bisa dipastikan hak pilihnya.

Humas Lapas Klas IIA Watampone, Ashar mengaku, ke 68 warga binaan pemasyarakatan tersebut, merupakan penduduk dari luar Kabupaten Bone.
“Ada 68 orang yang belum ber KTP dan belum bisa dilakukan perekaman. Masih sementara dicocokkan datanya,” ujar Ashar kepada RADAR BONE, Kamis 24 Januari kemarin.

Ia juga menyebutkan, total warga binaan pemasyarakatan mencapai 428 orang. Dari total tersebut, 207 diantaranya sudah terdata di Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Sisanya masuk di DPK (Daftar Pemilih Khusus) karena mereka sudah mengantongi KTP el. Terkecuali ada empat warga binaan berstatus Polri dan 68 penduduk luar dari Bone yang belum dipastikan apakah sudah ber KTP atau tidak,” ujarnya.

Komisioner KPU Bone, A Mappaningsong membenarkan adanya 68 warga binaan pemasyarakatan yang belum bisa dipastikan datanya. “Ini yang sementara kita cocokkan datanya berdasarkan alamat masing-masing warga binaan tersebut. Kita sudah laporkan ke KPU Provinsi untuk selanjutnya di koordinasikan ke daerah asal warga binaan itu,” ujar Mappaningsong.
Mappaningsong menegaskan, pada pemilu 2019 mendatang, warga yang akan menyalurkan hak pilih, wajib memiliki KTP elektronik.

Diberitakan sebelumnya, penghuni lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Watampone menjadi sasaran perekaman data KTP elektronik. Jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone bersama Komisioner KPU menyambangi Lapas Kelas IIA Watampone, Kamis, 17 Januari kemarin. Dalam perekaman ini, pihak Disdukcapil menurunkan alat perekaman di lingkungan Lapas Kelas IIA Watampone.

“Sejumlah warga binaan yang melakukan perekaman ini berdasarkan pendataan yang kami lakukan dengan mengakui bahwa dia belum mengantongi KTP, dan jumlah ini juga belum dipastikan semuanya belum melakukan perekaman karena nanti akan muncul sendiri datanya ketika di cek oleh pihak Capil,” ungkap Ashar, Humas Lapas Kelas II A Watampone.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top