Diduga Terlibat Kasus Korupsi, Dua Ketua Koperasi Resmi Ditahan Kejari Soppeng – Radar Bone

Radar Bone

Soppeng / Wajo

Diduga Terlibat Kasus Korupsi, Dua Ketua Koperasi Resmi Ditahan Kejari Soppeng

Seorang ketua koperasi diamankan penyidik Kejari Soppeng, Kamis 19 Januari

PENULIS: MUH SUMARDY

WATANSOPPENG, RB– Kejaksaan Negeri Soppeng Kamis 19 januari 2017 melakukan penahanan terhadap dua Ketua Koperasi yang ditetapkan sebagai tersangka karena diduga kuat menyalahagunakan dana bergulir dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir –Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDB-KUMKM) yang diterimanya sebesar Rp5,5 Milyar.

Akibat perbuatan kedua tersangka diperkirakan menimbulkan kerugian Negara Rp2,5 milyar.

Kepala Kejaksaan Negeri Soppeng Atang Pujiyanto SH MH kepada Wartawan Kamis menjelaskan ,kedua Ketua Koperasi yang ditahan di Rutan kelas IIB Watansoppeng masing masing, HRM Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mitra Mandiri, dan MTG Ketua Koperasi Serba Usaha(KSU) Mangkawani.

Didampingi Kasi Intelejen Andi Hairil Akhmad SH Kajari paparkan pada Tahun 2013 KSU Mangkawani dan KSP Mitra Sejati mengajukan pengusulan atau permohonan untuk menerima dana bergulir dari LPDB-KUMKM dengan cara memasukkan data data fiktif sebagai salahsatu persyaratan untuk menerima dana bergulir.

“Diantara data yang direkayasa tersebut adalah nama nama nasabah/angggota namun setelah dana bergulir sudah cair yaitu KSU Mangkawani Rp1,5 Milyar dan KSP Mitra Sejati Rp4 milyar ternyata tidak dikelola sesuai dengan peruntukannya,” kata kajari.

Diantaranya sebut Kajari ada yang digunakan untuk kepentingan pribadi dengan membeli mobil ,sepeda motor dan membayar hutang pribadi tersangka.

Akibat perbuatan kedua tersangka menimbulkan kerugian Negara sekitar Rp2,5 milyar .

“Besarnya angka kerugian Negara tersebut untuk lebih terperinci nantinya akan diaudit oleh auditor,” tambahnya.

To Top