‘Dihujani’ Kritik, BPJS Akui Sosialisasi Lemah di Sinjai – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

‘Dihujani’ Kritik, BPJS Akui Sosialisasi Lemah di Sinjai

Sosialisasi program JKN yang digelar BPJS Sinjai disalah satu warkop di Kota Sinjai, Kamis malam 7 April. Berbagai masukan dan kritikan dilontarkan peserta sosialisasi pada forum itu.

PENULIS : LUKMAN SARDY

SINJAI, RB–Badan Penyelenggana Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggelar sosialisasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di salah satu warung kopi (Warkop) di Kota Sinjai, Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis malam 7 April .

Sosialisasi BPJS dihadiri berbagai komunitas masyarakat serta insan pers. Berbagai kritikan muncul pada forum tersebut, yang sebagian besar menyoroti pelayanan kesehatan dimasyarakat yang tidak maksimal.

Salah satu peserta sosialisasi, Ishar bahkan menilai program BPJS di Kabupaten Sinjai terkesan memberatkan masyarakat.

“Saat pemerintah Kabupaten Sinjai mamberlakukan Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah), masyarakat cukup membawa KK dan KTP  ke rumah sakit, langsung dilayani. Disamping efektif, biaya pengobatan juga tergolong murah. Berbeda dengan BPJS yang pelayanannya menurut saya masih perlu dibenahi (Ribet). Disamping itu biaya pengobatan tergolong mahal. Ini yang banyak dikeluhkan masyarakat dibawah. Kesannya, BPJS mengontrol kesehatan masyarakat. Saya berharap sistemnya dibenahi. Tolong kalau bisa, sistemnya dibenahi. Masyarakat miskin jangan terlalu diberatkan,” ungkapnya.

Kepala Pelayanan BPJS Sinjai, Abdul Jafar menegaskan setiap masukan akan ditampung. Jabbar juga mengakui adanya kelemahan dalam hal sosialisasi kepada masyarakat.

“Saya harus akui jika memang masih ada beberapa kelemahan, khususnya dalam tahap sosialisasi,” kuncinya

To Top