Dinkes Bone Serap Tambahan Dana Terbesar – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Dinkes Bone Serap Tambahan Dana Terbesar

ilustrasi

RAPBD-P Sisa Ketuk Palu

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB—Panitia Khusus (Pansus) DPRD Bone yang khusus menggodok Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan Tahun Anggaran 2016, telah menggelar rapat singkronisasi setelah melalui pembahasan yang cukup ketat selama dua hari (Senin 26 – Selasa 27 September).

Anggota pansus, Irwandi Burhan menyebutkan beberapa SKPD yang mengalami perubahan anggaran. Diantaranya Dinkes, Dinas Kehutananan dan Perkebunan dan Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar).
Politisi Partai Golkar itu menyebutkan, tambahan anggaran terbesar, yakni di Dinas Kesehatan sebesar Rp900 juta, untuk pengoperasian Rumah Sakit Pancaitana (Rumah Sakit) Biru.

“Jadi totalnya kalau tidak salah ada Rp1 miliar lebih tambahan anggaran,” ungkapnya kepada RADAR BONE via seluler, Rabu 28 September kemarin. Anggota pansus lainnya, Bustanil Arifin Amry menambahkan, rumah sakit pancaitana tidak bisa beroperasi ketika dana operasionalnya tidak ada. “Jadi betapa ruginya pemerintah daerah, ketika rumah sakit tersebut sudah dibangun namun tidak bisa beroperasi karena terkendala dana operasional. Maka dari itu, usulan dinas kesehatan untuk tambahan anggaran tersebut, kami nilai penting dan sangat urgen untuk diakomodir,” pungkasnya.

Bustanil juga menyebutkan SKPD lainnya yang mengalami perubahan anggaran, diantaranya Dinas Kehutanan dan Perkebunan sebesar Rp50 juta dan tambahan PAD masing-masing di Damkar sebesar Rp5 juta dan BP2T sebesar Rp200 juta.
Terpisah, Ketua Pansus, HAM Amin Mangunsara menyebutkan, RAPBD-P yang digodok pansus dipandang layak untuk disahkan menjadi peraturan daerah. “Sebe-lumnya, dievaluasi terlebih dahulu di Biro Keuangan Pemprov Sulsel,” terangnya.

Sekretaris Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Bone, A Najamuddin menambahkan, RAPBD-P akan dibawa ke Makassar untuk dievaluasi pada Kamis 29 September hari ini. “Kemungkinan Jumat malam sudah diparipurnakan. Itu baru jadwal sementara yah. Belum final,” kuncinya.

*ASKAR SYAM

To Top