Dinkes Target 154 Ribu Anak -Realisasi Vaksin Measles Rubella (MR) Capai 41 Persen – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Dinkes Target 154 Ribu Anak -Realisasi Vaksin Measles Rubella (MR) Capai 41 Persen

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE-Dinas Kesehatan Kabupaten Bone terus menggenjot pelaksanaan vaksin measles rubella (RM). Sejak program ini mulai dicanangkan pemerintah pusat, Dinkes tak pernah berhenti menjalankannya, meski diawal pelaksanakan program ini sempat mendapat kecaman dari sejumlah pihak.

Bahkan realisasi vaksin MR kini sudah mencapai 41 persen. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone dr Hj Khasma M Padjalangi mengatakan tidak ada alasan Dinas Kesehatan untuk menghentikan kegiatan vaksin measles rubella, karena ini adalah program pemerintah. Bahkan semua vaksin yang dipakai ini berasal dari pemerintah pusat yang diberikan secara gratis.

“Jadi tidak ada alasan untuk tidak melanjutkan program ini. Apalagi vaksin measles rubella ini sifatnya bukan paksaan,” ungkapnya.

“Bahkan Kabupaten Bone masuk peringkat ke-7 di Sulsel realisasi Vaksin MR,” tambahnya.

Sementara Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular, drg Yusuf mengatakan realisasi kegiatan vaksin measles rubella sudah mencapai 41,09 persen dari 154.000 anak yang menjadi target sasaran.

“Sasarannya di sini adalah anak usia sembilan bulan sampai 15 tahun,” katanya. Untuk tahap awal kata Yusuf pelaksanaan vaksin measles rubella dilaksanakan di tingkat sekolah mulai dari Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan ini bakal berakhir hingga Agustus 2018.

Sementara vaksin measles rubella tahap kedua terpusat di Poskesdes, Pustu dan Puskesmas.

“Ini dimulai pada awal September 2018,” bebernya. Lebih lanjut Yusuf juga menjelaskan akan pentingnya Vaksin Measles Rubella ini.

Menurutnya, penyakit menular akibat dari campak bisa berpengaruh pada telinga, otak, mata bahkan dapat mematikan kepada ibu hamil.

“Maka dari itu untuk mengantisipasi agar hal itu tidak terjadi, saya mengimbauh kepada masyarakat agar anaknya divaksi, sehingga terbebas dari penyakit menular ini,” tandasnya.

Tidak hanya itu, Yusuf juga menjawab keresahan masyarakat terkait vaksin measles rubella. Menurutnya vaksi measles rubella yang diprogramkan pemerintah ini berdasarkan dengan fatwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) hukumnya adalah Mubah.

“Sesuai dengan Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 bahwa vaksi measles rubella itu mubah. Artinya sah-sah saja untuk dilakukan, sehingga tidak perlu ada yang ditakuti oleh masyarakat,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top