Dirjen Pendidikan Islam Menteri Agama Motivasi Maba IAIN Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Dirjen Pendidikan Islam Menteri Agama Motivasi Maba IAIN Bone

RADARBONE.CO.ID–Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Prof Dr Phil H Kamaruddin Amin MA menjadi pembicara dalam acara studium general atau kuliah perdana di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, Rabu, 12 September 2018.

Dimana dalam kuliah perdana itu, Kamaruddin berbagi motivasi sukses terkait hasil penelitian terhadap alumni Universitas Harvard. Universitas Harvard salah satu universitas terbaik didunia.

Dimana dalam penelitian itu, 18 tahun alumni Universitas Harvard sudah bisa menduduki jabatan strategis di sejumlah lembaga negara.

Pertanyaan yang muncul, kenapa bisa sukses? Dari hasil penelitian alumni yang sukses ini memiliki sejumlah kesamaan yakni pada saat menginjakan kaki di Harvard mereka sudah punya visi, cita-cita, rencana 5 tahun kedepan.

“Semua yang dilakukan berkaitan dengan cita-cita yang ingin dicapai. Waktu itu sangat mahal, maka dari itu saya ingatkan apa yang di lakukan hari ini menentukan lima tahun akan datang,” tandasnya.

Mahasiswa baru harus memiliki agenda prioritas. Apalagi mahasiswa sedang mempercayakan masa depannya di sini. “Jangan sampai menyesal jadi alumni,” katanya.

Kesamaan kedua yang ditemukan dalam penelitian itu adalah memiliki akhlak dan moralitas yang baik. Jadi tata krama ini sebagai penunjang keberhasilan. Kemudian memiliki komunukasi yang baik.

“Jadi jurusan apapun itu dipilih sudah dikaji dan dilakukan survei. Tantangannya adalah bagaimana bisa menjadi mahasiswa yang berkualitas yang bermutu di jurusannya. Kalau anda berkualitas masa depan menanti anda,” imbuhnya.

Sementara Rektor IAIN Bone Prof Dr A Nuzul SH MHum melaporkan bahwa jumlah mahasiswa IAIN Bone sudah tembus 8.767 orang. Mereka terdiri dari 8.353 mahasiswa Starata Satu (S1) dan 411 mahasiswa Pasca Sarana dari empat prodi.

Jumlah mahasiswa baru dua tahun terakhir IAIN Bone terbilang mengalami peningkatan. Untuk tahun ini saja, dari tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, jumlah pendaftar tembus diangka 7.564 orang. “Sekalipun mungkin ada yang berulang sakin cintanya ke IAIN Bone,” katanya.

Karena daya tampung terbatas, makanya jumlah mahasiswa baru yang diterima hanya 1.714 orang. “Yang kita terima ini termasuk ada tambahan karena sebelumnya hanya 1.500 kuota yang diberikan,” terangnya.

Peningkatan jumlah Maba ini salah satu indikasi baik STAIN beralih menjadi IAIN. “Maka dari perlu ada perimbangan dan penambahan dosen, termasuk dukungan sarana. Maka dari harapan kami agar bisa mendapat perhatian dari Dirjen Pendidikan Islam. Karena secara tidak langsung disinilah tempat curhat kami,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top