Disdik Alokasikan Rp1 Miliar Bagi Guru Terpencil – Radar Bone

Radar Bone

Pendidikan

Disdik Alokasikan Rp1 Miliar Bagi Guru Terpencil

PENULIS: AGUSTAPA

 

RADARBONE CO.ID, WATAMPONE–Setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan tunjangan khusus bagi guru PNS maupun non PNS, kini giliran Pemerintah Daerah Kabupaten Bone melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bone mengalokasikan Rp1 miliar bagi guru yang mengajar di sekolah terpencil.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Drs. Nursalam, M.Pd mengatakan tunjangan khusus bagi guru sekolah terpencil yang dialokasikan Dinas Pendidikan sebagai bentuk perhatiannya pemerintah Kabupaten Bone dalam hal ini Bupati Bone Dr. HA. Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si dan Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, MM terhadap guru.

“Jumlah dana yang dialokasikan itu Rp1 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Drs. H. Ibrahim Yukkas, ST, M.Si. Menjelang penyaluran tunjangan khusus bagi guru sekolah terpencil diawali dengan proses pendataan.

“Saat ini, kami baru melakukan pendataan, sekolah yang mana masuk dalam kategori terpencil,” katanya.

Bagi guru PNS maupun non PNS yang telah menerima tunjangan khusus dari Kemendikbud kata H. Ibrahim tidak akan lagi diberikan tunjangan khusus melalui dana APBD.

“Jadi tunjangan ini dikhususkan kepada guru sekolah terpencil yang belum menerima tunjangan khusus dari Kemendikbud,” ujarnya.

Karena mengingat dana yang dialokasikan pemerintah daerah hanya Rp1 miliar lanjut H. Ibrahim, maka tunjangan khusus yang diterima para guru nantinya tidak sama besarnya dengan tunjangan khusus yang diberikan oleh Kemendikbud.

“Kalau tunjangan khusus bagi guru PNS dari Kemendikbud itu besarannya sesuai dengan gaji pokok. Sedangkan untuk guru non PNS Rp1.500.000 per bulan. Kalau pemerintah daerah tidak sampai sebesar itu, karena kita target sekitar 100 orang,” bebernya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top