Disdik Diminta Anggarkan Pengadaan Mobiler – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Disdik Diminta Anggarkan Pengadaan Mobiler

Panitia PPDB SMKN 1 Rujukan Watampone disibukkan dengan berkas calon siswa baru.

Soal Sekolah Bebani Siswa Biaya Bangku

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB—Komisi IV DPRD Kabupaten Bone, mendesak Dinas Pendidikan (Disdik) untuk tegas, terkait adanya sekolah yang membebankan pembayaran kepada calon siswa baru untuk pengadaan mobiler.
Anggota Komisi IV, Muh Ramli SE menegaskan, keluhan sejumlah orang tua siswa, khususnya di Kahu terkait biaya yang harus dikeluarkan agar anaknya bisa mengenyam pendidikan di sekolah negeri itu, harus segera disikapi dinas pendidikan.
“Yang harus kita pikirkan bersama, bagaimana kualitas pendidikan di Bone bisa terus ditingkatkan. Bukan malah sekolah mencari segala cara untuk mendapatkan keuntungan. Termasuk membebani siswa baru, pembayaran yang nominalnya sangat besar,” ungkapnya.
Khusus mobiler, Ramli meng-usulkan agar Dinas Pendidikan menganggarkan setiap tahunnya. Agar tidak ada lagi sekolah yang membebani siswanya untuk pe-ngadaan barang yang dimaksud.
Terpisah, Anggota Komisi IV lainnya, Jusmiati Sudirman menilai permasalahan tersebut tidak sepenuhnya dilemparkan ke sekolah.
“Karena banyak orangtua siswa yang tetap ngotot menyekolahkan anaknya, meski kuota melebihi. Akibatnya sekolah harus menambah bangku dan meja untuk mengakomodir siswa,” ujarnya.
Yang menjadi kunci lanjut dia, saat digelar rapat komite, orangtua maupun wali siswa harusnya berteriak, ketika pembayaran yang disepakati dinilai memberatkan. “Di sinilah letak masalahnya. Artinya pihak sekolah serba salah. Tidak menambah mobiler, artinya mengorbankan calon siswa yang tidak lulus. Mengakomodir seluruh siswa juga salah, karena orang tua siswa protes ketika pembayaran terlalu besar,” jelasnya.
Jusmiati juga sepakat Disdik memikirkan pengadaan mobiler di sekolah, sehingga pihak sekolah tak perlu lagi menarik biaya mobiler dari siswa.

*ASKAR SYAM

To Top