Disnak Perketat Pemeriksaan Hewan Ternak – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Disnak Perketat Pemeriksaan Hewan Ternak

Salah seorang petugas hewan saat memeriksa ternak sapi milik warga di Bone.

PENULIS : BAHARUDDIN

WATAMPONE, RB—Dinas Peternakan aktif melakukan pemeriksaan ternak sapi yang akan diperdagangkan keluar daerah. Pemeriksaan dilakukan dengan cara mengambil sampel darah pada sapi. Pengambilan sampel darah untuk memastikan ternak sapi bebas dari penyakit berbahaya, seperti antraks.

Kepala Puskeswan Tibojong, drh Conny Liestri pemeriksaan ternak sapi yang akan keluar daerah rutin dilakukan untuk mencegah menyebarnya penyakit hewan berbahaya, seperti antraks.
“Kami melakukan pemeriksaan hewan, dengan mengambil sampel ulang darah untuk me-ngetahui ada tidaknya morphologi bacillus anthracis,” tutur isteri Kadis Peternaka n Bone itu usai melakukan pemeriksaan ternak sapi di Lappa Riaja, Rabu 17 Agustus lalu.
Pemeriksaan sapi ini tidak hanya dilakukan di kandang jepit tapi juga di atas mobil yang meng-angkut ternak sapi.

Lulusan kedokteran hewan Universitas Gajah Mada tahun 1992 ini menambahkan pihaknya juga melakukan vaksinasi antraks sebagi syarat ternak keluar daerah atau diperjualbelikan antar provinsi.  “Ini dimaksudkan agar masyarakat aman mengkonsumsi daging sapi yang steril dari pe-nyakit berbahaya,” paparnya.

Selain melakukan pemeriksaan ternak hewan, dirinya juga kerap turun ke pelosok desa untuk membantu warga melakukan vaksinasi, termasuk diantaranya membantu persalinan sapi, seperti yang dilakukan pada ternak sapi milik warga Palanga Kelurahan Ta Kecamatan Tanete Riattang, Kamis 18 Agustus kemarin. “Tadi pagi, kami membantu persalinan sapi milik H Sultan karena susah melahirkan,” jelas Conny.

Pekerjaan itu dia lakoni dengan ikhlas dan penuh tanggungjawab sebagai abdi negara yang bertugas di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Tibojong Kecamatan Tanete Riattang Timur.

*ASKAR SYAM

To Top