Disnaker Bone Sosialisasi Mekanisme Penempatan dan Perlindungan Calon TKI Di Awangpone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Disnaker Bone Sosialisasi Mekanisme Penempatan dan Perlindungan Calon TKI Di Awangpone

RADARBONE.CO.ID_AWANGPONE–Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bone menggelar sosialisasi mekanisme penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kecamatan Awangpone Rabu 26 Juni 2019.

Sosialisasi tersebut dihadiri perwakilan dari masing-masing 17 desa dan satu kelurahan bersama dengan pemerintah desa.

Sosialisasi tersebut dibuka langsung Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bone, Drs H Alimuddin Massapa MH.

Dalam sambutanya, Alimuddin meminta masyarakat mengikuti mekanisme untuk menjadi calon TKI.

“Saya akan membantu masyarakat yang mau menjadi TKI resmi. Jika memang ada yang butuh bantuan untuk menjadi calon TKI resmi datang saja ke kantor Dinas Ketenagakerjaan. Setelah pertemuan ini kami minta untuk disebar luaskan kepada masyarakat kalau ada yang mau ke luar negeri harus melapor ke Dinas Ketenagakerjaan. Sampaikan kepada masyarakat jangan sampai mereka menjadi korban di luar negeri,” katanya.

“Saya berharap agar melengkapi dokumen sebelum ke luar negeri,” tambahnya.

Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Makassar, Mohd Agus Bustami SE MM yang turut hadir dalam sosialisasi itu mengatakan, jika ada masyarakat yang mau ke luar negeri sangat penting menjadi TKI yang resmi.

TKI yang resmi kata dia, dilengkapi dengan surat izin termasuk program BPJS keluar negeri bukan hanya digunakan untuk mengobati. Tapi juga bisa jadi jaminan masa tua.

“Makanya harus melalui mekanisme untuk ke luar negeri,” katanya.

Menurut Agus ada beberapa yang meninggal dunia di luar negeri tidak diketahui. Karena paspor yang dipakai berangkat ke luar negeri adalah paspor orang yang sudah meninggal.

“Sehingga lerantau yang menggunakan kartu tersebut lalu meninggal dunia juga di luar negeri tidak diketahui alamat tepatnya, karena bukan nama aslinya alias bukan paspornya yang dipakai,” terangnya.

Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Muhammad Irwan SE MSi juga meminta masyarakat ke kantor Dinas Ketenagakerjaan untuk mengurus dokumen yang mau ke luar negeri.

“Insya allah kami akan bantu dan pengurusannya gratis,”katanya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top