Distan Akui 1.000 Ha Sawah di Bone Puso – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Distan Akui 1.000 Ha Sawah di Bone Puso

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone akhirnya mengeluarkan data sawah yang mengalami puso akibat banjir yang melanda.

Disebutkan, tanaman padi untuk musim tanam April-September 2017 yang mengalami puso tersebar di empat kecamatan, yakni Ajangale, Dua Boccoe dan Kecamatan Cenrana dan Tellu Siattinge. Akibat banjir yang melanda empat kecamatan di wilayah Bone Utara mengakibatkan kegagalan panen atau puso sebanyak 1.000 hektar.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, Ir Sunardi Nurdin mengatakan banjir di wilayah Bone Utara merupakan banjir kiriman dari Danau Tempe yang berdampak pada terjadinya puso. “Makanya, kami berupaya melakukan pendataan lahan dan petani yang sawahnya kena dampak banjir dan genangan.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi beban petani dengan mengusulkan bantuan pergantian benih padi sebanyak 25 kilogram per hektar ke dinas provinsi,” tutur Sunardi kepada RADAR BONE, Rabu, 5 Juli kemarin.
Terkhusus untuk pergantian kerugian dalam bentuk dana, kata Sunardi hanya diberikan kepada petani yang tercatat sebagai peserta asuransi.

“Kalau yang masuk asuransi usaha tani padi (AUTP) ketika gagal panen akibat bencana alam seperti banjir atau kekeringan dan serangan hama makan akan mendapat ganti Rp6 juta per hektar,” bebernya.

Petani yang tercatat sebagai peserta asuransi, kata Sunardi hanya membayar iuran Rp36.000 per hektar.
Ditambahkan Nurdin, pihaknya sudah meminta bantuan benih dinas provinsi sebanyak 25 ton, atau 25 kg per hektar.

*

To Top