Distan Sinjai Kewalahan Capai Swasembada Pangan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Distan Sinjai Kewalahan Capai Swasembada Pangan

PENULIS : LUKMAN SARDY

SINJAI, RB—Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura (Distan TPH) Kabupaten Sinjai kewalahan dalam mencapai target swasembada pangan di Bumi Panrita Kitta.  Salah satu yang menjadi kendala adalah, luas areal persawahan di daerah itu, yang tidak memiliki sumber air yang cukup. Apalagi sawah tadah hujan lebih luas jika dibandingkan sawah yang dialiri irigasi.

Kepala Dinas Pertanian, Ir Djamil mengakui kendala tersebut.  “Jadi untuk mencapai target swasembada pangan, dibutuhkan anggaran yang besar untuk membangun infrastruktur pertanian. Salah satunya, irigasi,” ungkapnya usai menghadiri rapat di ruang pola Kantor Bupati Sinjai kemarin. Sementara itu, Ketua DPRD Sinjai, Abd Haris Umar menegaskan, sudah ada lampu hijau dari provinsi, yang akan mengucurkan anggaran untuk pembangunan infrastruktur pertanian.

“Kepala dinas cukup menyiapakan lahan pertanian. Pasalnya dari hasil kunjungan kerja kemarin telah mendapatkan lampu hijau dan mendapatkan anggaran yang besar untuk membangun infrastruktur pertanian di Kabupaten Sinjai tahun 2017 mendatang,” pungkasnya.

Sebenarnya kata Haris, persoalan tidak tercapainya target swasembada pangan, bukan hanya karena faktor irigasi.
“Salah satu penyebabnya, karena adanya ketidak tepatan sasaran pembagian pupuk bersubsidi,” terangnya.
Disamping bentuk indikasi penyimpangan, dimana ada motif bagi agen pupuk di kalangan bawah yang mengambil keuntungan dengan kondisi lemahnya pengawasan.
Sehingga ada segelintir oknum yang memanfaatkan keuntungan dibalik harga subsidi yang sudah ditetapkam pemerintah pusat.
Wakapolres Sinjai, Kompol H Abd Rauf bahkan menemukan adanya modus operandi terkait penyaluran pupuk subsidi.
“Memang penyaluran pupuk bersubsidi perlu diawasi ketat, karena banyak oknum yang bisa saja memanfaatkan itu,” tutupnya.

 

To Top