DLH Bone Lamban! – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

DLH Bone Lamban!

Air Sungai Kaju yang terletak di Desa Pasaka, Kecamatan Sibulue berwarna hitam. Pencemaran ini diduga kuat berasal dari limbah PGB Arasoe. Gambar dikirim ke RADAR BONE, Jumat, 15 September lalu.

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Pencermaran Sungai Kaju di Desa Pasaka, Kecamatan Sibulue yang diduga berasal dari limbah Pabrik Gula Bone (PGB) Arasoe, belum disikapi oleh pemerintah daerah.

Instansi teknis, Dinas Lingkungan Hidup belum bergerak untuk menguji dugaan pelanggaran lingkungan tersebut.
Kepala Seksi Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone, Jumriani mengatakan dirinya belum turun ke lokasi karena belum mendapat mandat dari pimpinan.

“Saya tidak bisa turun begitu saja tanpa ada perintah dari atasan,” kata Jumriani saat dihubungi RADAR BONE, Kamis, 21 September kemarin.

Jumriani meminta persoalan tersebut dikonfirmasi langsung ke pimpinannya. “Saya belum bisa turun, karena belum ada perintah, kita langsung saja kepala dinas,” tutur Jumriani seraya menutup telepon.
Saat dihubungi ulang, ponsel yang bersangkutan sudah tak diaktifkan.

Aktivis Lingkungan, Ahmad Irfan menilai dinas terkait terkesan ragu bertindak. “Ketika sudah ada bukti-bukti di lapangan, saya kira sudah tidak ada lagi alasan dinas terkait untuk tidak bertindak,” ujarnya.

Membuang limbah secara bebas ke sungai lanjut dia, tidak bisa lagi ditolerir. “Karena jelas PGB tidak memenuhi tanggungjawab terkait pengelolaan limbah.

Amdalnya (Analisis dampak lingkungan) perlu ditinjau ulang. Kalau perlu larang dulu beroperasi sebelum PGB Arasoe menyelesaikan permasalahan limbahnya,” tutupnya.

*

Click to comment
To Top