DPKH Gandeng Polisi Berantas Penyakit Rabies – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

DPKH Gandeng Polisi Berantas Penyakit Rabies

ilustrasi

PENULIS LUKMAN SARDY

SINJAI, RB–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menggandeng Kepolisian Resort (Polres) Sinjai, memberantas penyakit rabies di Bumi Panrita Kitta. Untuk pertama kali , program ini dipusatkan di Desa Turungan Baji, Kecamatan Sinjai Barat.
Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, Irwan Suaib mengatakan, pemberantasan penyakit rabies dilakukan, sebagai wujud komitmen pemerintah daerah, memberantas penyakit hewan.
“Tentu bukan hanya Turungan Baji yang kita sasar. Kegiatan serupa akan akan kita programkan diseluruh wilayah di Kabupaten Sinjai,” ungkapnya kepada RADAR BONE, Kamis 21 April kemarin
Selama pelaksanaan program vaksin Rabies, masyarakat Turungan Baji sangat antusias. “Ada sekitar seratus ekor anjing peliharaan warga yang kita vaksin. Tentu dukungan warga untuk program ini memang sangat kita butuhkan,” pungkasnya.
Kapolres Sinjai, AKBP Agus Dwi Hermawan, mengaku turut sertanya polisi dalam program pemberantasan penyakit ternak, menjadi bukti kepedulian polisi terhadap masyarakat.
“Keikutsertaan kami dalam kegiatan ini selain sebagai momen untuk meresmikan jalan, juga dirangkaikan dengan pelaksanaan vaksin hewan peliharaan warga,” ujarnya.
Pada kesempatan itu, Kapolres Sinjai juga mengimbau warga desa Turungan Baji, Kecamatan Sinjai Barat untuk tetap melestarikan hutan. “Kami mengimbau agar warga tetap menjaga dan melestarikan hutan,” ujarnya.
Kapolres mengakui, pemberantasan penyakit rabies sangat sulit karena harus menempuh medan yang berat yakni tanjakan dan jalan yang berlumpur. Untuk menjangkau wilayah tersebut, Kapolres Sinjai, AKBP Agus Dwi Hermawan beserta rombongan harus menggunakan Motor Trail sedangkan Kadis Peternakan harus dibonceng menggunakan motor trail.
“Kepada warga turungan baji agar ikut membantu untuk mengenali orang yang disinyalir ikut bergabung dalam organisasi yang menganut paham radikalisme, membantu Polres Sinjai guna mengamankan diri pribadi, lingkungan dan keluarga dari pengaruh paham radikal ISIS, terorisme, dan anti pancasila,” imbuhnya.

lukmansardy/askarsyam

To Top