DPRD Sinjai Temukan Sumber PAD Bocor – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

DPRD Sinjai Temukan Sumber PAD Bocor

ilustrasi

PENULIS : LUKMAN SARDY

SINJAI, RB–Kalangan legislator di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sinjai, menemukan adanya kebocoran sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dikelola dibeberapa instansi di Kabupaten Sinjai.
Anggota DPRD Sinjai, Andi Zaenal, bahkan meragukan komitmen SKPD menggenjot PAD.
Politisi PPP ini menegaskan, pemerintah daerah harusnya berani mempihak ketigakan sejumlah sumber PAD.
Agar kata dia, tidak lagi ada bentuk pemborosan anggaran yang dituangkan, khususnya pada biaya operasional dari sumber PAD itu. “Saya berikan contoh, TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di Lappa, dimana angka BOPnya yang tinggi dan tidak berbanding lurus dengan pendapatan, serta kolam renang, dimana anggarannya operasionalnya terlalu tinggi mencapai Rp95 juta pertahun, sementara retribusi yang dipungut setiap tahunnya hanya mencapai Rp85 juta. Demikian juga Hotal Sinjai, dimana PAD-nya tidak pernah mencapai target,” tegasnya.
Harusnya kata Zaenal, pemerintah daerah peka menyikapi persoalan itu.
“Pemerintah Kabupaten Sinjai harus mengambil sikap, untuk menekan kebocoran PAD. Salah satu cara, itu tadi, dipihak ketigakan. Saya kira, SKPD harus kreatif. Bagaimanapu juga, PAD khususnya dari retribusi kolam renang bisa dimaksimalkan, ketika dikelola dengan baik,” pungkasnya/
Sementara itu, Bupati Sinjai, HM Sabirin Yahya SSos berjanji segera mengumpulkan pimpinan SKPD terkait, untuk mengevaluasi capaian PAD masing-masing intansi tersebut.
“Kami melakukan dulu pengkajian ulang kepada SKPD. Demikian juga terkait dimana sumber PAD, apakah efektif dipihakketigakan, atau tidak,” kunci bupati saat ditemui RADAR BONE beberapa hari lalu.

lukmansardy/askarsyam

To Top