Dua Desa Menunggak Pembayaran Raskin – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Dua Desa Menunggak Pembayaran Raskin

AWANGPONE, RB–Dana pembayaran beras miskin (Raskin) dari masyarakat tak pernah sepi dari masalah. Setelah oknum sekuriti Bulog yang menggelapkan dana raskin. Kini giliran dua desa belum menyetor dana pembayaran raskin untuk penyaluran November-Desember 2016.

Kedua desa tersebut, yakni Paccing, Kecamatan Patimpeng dengan nilai tunggakan Rp15 juta. Kemudian Desa Arasoe, Kecamatan Cina sebesar Rp9 juta. Dengan demikian, masih tersisa Rp24 juta dana raskin yang mengendap di desa.
Tertunggaknya dana raskin pada pengelola di tingkat desa tersebut diduga kuat disalahgunakan. Mengingat, selama ini warga penerima raskin selalu membayar tunai setiap mendapatkan jatah raskin dari pemerintah desa atau kelurahan.
Kepala Kantor Seksi Logistik Kabupaten Bone, H Amir Sube kepada RADAR BONE Rabu 1 Maret kemarin mengatakan, sebelumnya ada tiga desa yang sebelumnya menunggak pembayaran raskin.

“Pekan lalu ada tiga desa yang menunggak, termasuk Desa Abbanuang Kecamatan Awangpone. Tapi sudah dilunasi, sehingga tinggal dua desa yang masih menunggak,” ungkap Amir.

Amir mengatakan akan melakukan koordinasi secepatnya dengan Pemerintah Kabupaten Bone untuk pelunasan pembayaran raskin November-Desember 2016 tersebut.

“Sebelum penyaluran rastra (Raskin) dimulai tahun ini, kami akan berkoordinasi dengan pemkab agar desa yang belum menyetor pembayaran rastra itu melakukan pelunasan, supaya tidak akan menumpuk pembayarannya. Karena uang itu akan diputar untuk dibelikan lagi beras.

Jika uang itu tertinggal, maka sulit untuk putar modal,” katanya.

To Top