Dua Jukung Modern Menembus Lautan di Pulau Jawa – Bali – Lombok – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Dua Jukung Modern Menembus Lautan di Pulau Jawa – Bali – Lombok

Jukung Aquatec tiba di Teluk Nara Lombok Utara

BANYUWANGI, RB–Dua awak perahu dan masing-masing dua penumpang melakoni perjalanan laut menggunakan dua perahu jukung modern dalam kegiatan Ekspedisi Wisata Jukung Jawa-Bali – Lombok.
Perjalanan laut menggunakan jukung dari bahan prime grade high density polyethylene (HDPE) itu diawali dari pantai Bungsring Bayuwangi, Senin 30 Mei pagi.
Ekspedisi ini dijalani dengan menuju Pulau Bali dan Pulau lombok dengan estimasi waktu tiga hari.

Pelayaran rute pertama ini untuk menyeberang dari pulau Jawa ke pulau Bali.
Tim ekspedisi kemudian Singgah di Tulamben Bali.
Perjalanan lanjutan dimulai kembali Selasa 31 Mei ke Lombok.

Tim menuju Bangsal Lombok dengan melewati pulau Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.
Sesampai di Lombok, tim selanjutnya menyudahi perjalanan dengan berlayar kembali ke Tulamben Bali pada Rabu 1 Juni kemarin.
Salah satu koordinator ekspedisi wisata Jukung Jawa-Bali-Lombok, Andi Yuslim Pattawari mengatakan kegiatan itu merupakan bagian dari kampanye wisata bahari.

Kegiatan itu juga untuk membuktikan kemampuan jukung berbahan HDPE itu yang dipastikan anti tenggelam.
“Jukung HDPE ini merupakan produksi dalam negeri, produksi anak bangsa yang kualitasnya terbaik,” ujar Yuslim sebelum kebrrangkatan tim, Senin lalu.

Jukung HDPE kata dia, merupakan salah satu produksi PT Gani Arta Dwitunggal, Produsen sarana perikanan dan kelautan merk Aqua Tec yang dibuat di pabrik di Padalarang Bandung Barat.
Jukung dengan anti UV dan memiliki kelenturan dan kekuatan tinggi itu dinilai sesuai untuk digunakan nelayan dan juga untuk kebutuhan sarana wisata maritim Indonesia.

“Budiprawira merupakan penemu dan pemilik perusahaan PT.Gani Arta Dwitunggal turut serta dalam perjalanan tersebut. Saya harus yakin dan membuktikan jukung ini aman untuk di gunakan sehingga saya harus mencoba sendiri,” kuncinya.

EDITOR : ASKAR SYAM

To Top