Dua Kali Deadlock, Tatib DPRD Bone Akhirnya Ditetapkan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Dua Kali Deadlock, Tatib DPRD Bone Akhirnya Ditetapkan

RADARBONE.CO.ID–Paripurna penetapan perubahan peraturan DPRD tentang tata tertib dewan berlangsung alot, Senin malam 21 Oktober 2019.

Adu argumen dalam menginterpretasikan hasil konsultasi tatib di dirjen Otoda Kemendagri dan Biro Hukum Provinsi menyebabkan tatib baru bisa disahkan pukul 22.18 Wita.

Anggota DPRD Bone, H Saipullah Latif mengatakan, tatib ini harus sempurna sebelum ditetapkan.

“Misalnya soal pemberhentian Sekwan yang kemarin sempat menuai polemik. Jadi dalam tatib ini memang harus dijelaskan secara detail mengenai pemberhentian sekwan itu dan perlu melibatkan fraksi di dalamnya,” ujar Saipullah.

Anggota DPRD bone dari Fraksi Nasdem, A Heryanto Bausad menegaskan, soal pengangkatan dan pemberhentian sekretaris dewan, itu sudah tegas diatur dalam UU Nomor 23 dan PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah, tepatnya pada pasal 31 ayat 3.

“Disitu disebutkan bahwa Sekretaris DPRD Kabupaten Kota sebagaimana dimaksud pada ayat 2, diangkat dan diberhentikan dengan keputusan bupati atau walikota, atas persetujuan pimpinan DPRD setelah berkonsultasi dengan fraksi,” ujar Heryanto.

Penekanan ini juga disampaikan Ade Ferry Afrizal. “Jadi jangan sampai pimpinan, kita menambah kalimat dalam pasal tersebut yang justru bertentangan dengan peraturan yang ada,” tukasnya.

Hal lain yang menjadi perdebatan adalah terkait konterpat komisi yang tidak sesuai dengan tugas dan fungsinya. Anggota DPRD dari Pdip, A Akhiruddin menegaskan hasil konsultasi di Biro Hukum, konterpat komisi itu harus yang serumpun.

“Sederhananya, untuk menentukan konterpat komisi dilihat dari yang serumpun bukan dari tugas dan fungsinya,” katanya.

Setelah melalui lobi-lobi ditingkat fraksi, akhirnya perubahan peraturan DPRD tentang tatib disepakati untuk ditetapkan.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top