Dugaan Penggelembungan Suara di Desa Bainang – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Dugaan Penggelembungan Suara di Desa Bainang

PENULIS : ASKAR SYAM – ROSDIANA SULJA

Dugaan penggelembungan suara terjadi di Desa Bainang Kecamatan Palakka. Betapa tidak, dari hasil penghitungan, suara lebih banyak dari surat panggilan. Data yang dihimpun RADAR BONE, menyebutkan surat panggilan yang dibagi berjumlah 646. Sementara suara yang terkumpul sebanyak 658.

Ini juga diperkuat ada-nya warga bernama Bondeng yang tiga kali namanya di-sebut perhitungan suara. Padahal di desa itu diketahui cuma satu nama Bondeng. Tak hanya Bondeng, warga lainnya bernama Aco juga dikabarkan berulang.
Penggelembungan suara ini diduga kongkalikong panitia dengan pemerintah setempat untuk menjegal salah satu calon. Setidaknya ini diungkap keluarga salah satu calon Desa Bainang, Andi Hasanuddin.

“Ada dugaan permainan di tingkat panitia. Saya dengar dari penuturan keluarga. Di sana ada wajib pilih dengan nama dan orang yang sama yang dipanggil lebih dari dua kali,” ungkap Asman seraya menyebut, bahwa kotak suara sudah disegel dan dibawa ke Polres Bone.

Camat Palakka, Hj Hasnawati Ramli yang dikonfirmasi RADAR BONE malam tadi, mengatakan membenarkan adanya protes warga di Pilkades Bainang. Menurut dia, hasil perhitungan suara sudah diketahui yang dimenangkan H Kahar dengan perolehan suara 331. Namun demikian, yang bersangkutan belum ditetapkan sebagai pemenang karena adanya protes warga tadi.

“Hasil perhitungan suara belum ditetapkan, karena ada protes. Ada warga yang diduga mencoblos lebih dari sekali,” kata Hasnawati seraya menampik dugaan adanya campur tangan pemerintah dalam upaya memenangkan calon tertentu.

Terkait kotak suara, Hasnawati mengakui bahwa sementara diamankan di kantor desa, bukan di Polres Bone.
Pilkades Desa Bainang diikuti tiga calon, yakni Andi Hasanuddin, M Agus dan H Kahar. Diketahui Kahar adalah calon incumbent

 

To Top