Ego Parpol, Program di DPRD Bone Mandek – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ego Parpol, Program di DPRD Bone Mandek

RADARBONE.CO.ID–Surat Keputusan (SK) Pimpinan DPRD Bone di dua partai politik, yakni Golkar dan Demokrat tak kunjung disetor ke Sekretariat Dewan.
Khusus Golkar, SK tersebut bahkan telah sampai ke DPD II dan sisa diteruskan ke DPRD Bone untuk diproses penetapannya.

Akibat ego dan kepentingan segelintir parpol yang tak kunjung mengajukan menyetor rekomendasi pimpinan dewan, berimbas pada program di DPRD Bone.

Legislator yang dilantik sejak 12 Agustus lalu, masih menganggur. Aspirasi masyarakat yang masuk juga tak bisa ditindaklanjuti lantaran belum adanya Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Sementara AKD ini baru bisa diproses oleh pimpinan definitif. Program lainnya yang mandek yakni pembahasan Program Legislasi Daerah (Prolegda).

Dari tujuh rancangan produk hukum yang diwariskan legislator periode sebelumnya, baru satu yang selesai ditingkat pembahasan dan disahkan melalui paripurna DPRD Bone. Agenda lainnya yang tak kalah urgen yakni pembahasan Rancangan APBD 2020. Legislator belum bisa membahas rancangan APBD karena terkendala belum adanya AKD yang dibentuk.

Tentu sangat miris melihat kondisi yang terjadi di DPRD Bone saat ini. Padahal, wakil rakyat dari Bone, tercepat dilantik di Sulsel. Tak heran, berlarut-larutnya penetapan pimpinan definitif membuat gerah sejumlah legislator DPRD Bone.

Anggota DPRD dari Fraksi Gerindra Fahri Rusli mengaku banyak yang dikorbankan akibat molornya penetapan pimpinan definitif. Fahri bahkan mengistilahkan polemik penetapan pimpinan definitif sebagai Affair Politik, artinya skandal politik yang biasanya bersifat negatif.

“Kenapa saya katakan seperti itu, karena menurut saya, keadaan seperti ini sangat merugikan kami selaku anggota dewan, selaku wakil rakyat. Karena yang harus dipahami ketika pimpinan definitif ini tidak ada maka pembentukan AKD tidak bisa terbentuk dan aspirasi masyarakat tidak mampu kami tindaklanjuti. Ini sisi negatifnya,” ujar Fahri.

Ia berharap agar parpol pemilik kursi pimpinan yang belum mengajukan kadernya, untuk segera memproses rekomendasinya ke DPRD Bone. “Agar program di DPRD Bone bisa segera berjalan. Agar pengabdian kami bisa segera dirasakan oleh masyarakat,” kuncinya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top