Ekspor Perdana Keramba Ke China, AYP Apresiasi Inovasi PT. Gani Arta Dwitunggal – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Ekspor Perdana Keramba Ke China, AYP Apresiasi Inovasi PT. Gani Arta Dwitunggal

RADARBONE. CO. ID– Produk asli dalam negeri berupa keramba jaring apung (KJA) Offshore Submersible dengan merk Aquatec telah berhasil menembus pasar di beberapa negara asia tenggara. Bahkan saat ini KJA milik PT Gani Arta Dwitunggal, sebuah perusahaan yang memproduksi peralatan kelautan dan perikanan tersebut, telah berhasil mengekspor  hingga ke Provinsi Hainan, China.

Ironisnya, produk KJA Offshore Submersible yang berasal dari Padalarang Kabupaten Bandung Barat yang diklaim memiliki kualitas cukup baik jika dibandingkan dengan produk-produk KJA dari negara Eropa ini, kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Padahal, untuk budidaya ikan lepas pantai, KJA Offshore Submersible AquaTec, selain memiliki beberapa keunggulan lebih dari sisi kualitas, harganya pun jauh lebih murah jika dibandingkan produk dari negara lainnya.

President Director PT Gani Arta Dwitunggal, Budiprawira Sunadim menuturkan, keramba jaring apung Offshore Submersible adalah keramba untuk budidaya ikan lepas pantai yang dapat menghindari badai datang dengan cara ditenggelamkan dan dapat diapungkan kembali ketika badai telah surut. KJA yang dapat ditenggelamkan hingga 10-15 meter dari permukaan laut ini, sangat cocok digunakan di Indonesia yang terkenal dengan kemaritimannya.

“Kita harus berpikir suatu saat jika di pesisir pantai Indonesia budidaya ikannya sudah padat maka budidaya ikan harus agak ke tengah lautan dengan gelombang cukup besar atau offshore, maka dibutuhkan keramba jaring apung yang tahan cuaca ekstrem,” terang Budi kepada wartawan di sela-sela ceremony pelepasan satu kontainer ekspore KJA Offshore Submersible ke Provinsi Hainan, China di PT Gani Arta Dwitunggal, Jalan Raya Batujajar, Padalarang, Sabtu (17/6).

Salah satu peneliti di perguruan tinggi swasta, Andi Yuslim Patawari mengungkapkan langkah PT Gani Arta Dwitunggal yang berinovasi menciptakan KJA Offshore Submersible dalam penyediaan teknologi sarana dan prasarana dermaga apung, jukung dan perhubungan patut diapresiasi oleh pemerintah. Apalagi saat ini dibuktikannya dengan akan dilakukan ekspor ke Cina, selain sebelumnya KJS ini telah akui kualitasnya oleh beberapa asia lainnya.

“Ini murni telah diakui oleh negara-negara lain bahwa produk dalam negeri kita diterima pasar internasional, karena sistemnya bussines to bussines, Harapannya pemerintah bisa memperhatikan produk dalam negeri ciptaan anak bangsa,” ungkapnya.

“Saya Melihat Perusahaan PT. Gani Arta Dwitunggal yang menciptakan Brand AQUATEC ini berani melakukan Inovasi di dalam penyediaan sarana Prasarana Budidaya Perikanan (Keramba Jaring Apung) Sarana Wisata Air dan Sarana Perhubungan seperti Jukung alat transportasi dan Dermaga Apung adalah Hal yang Luar biasa dan harus di Hargai karena tidak mudah dan tentu membutuhkan biaya besar dan waktu untuk riset/penelitian.,” jelasnya.

Yang Membanggakan kita
Hari ini Melakukan Ekspor Perdana Keramba Jaring Apung Off Shore Submersible ke China. menurut saya adalah Pengakuan negara luar terhadap Produk dalam negeri Indonesia.
Terobosan yang Luar biasa sebagai Perusahaan Modal Dalam Negeri (PMDN) yang meciptakan Produk tapi Gunakan di Luar Negeri sebagai Fakta yang tak terbantahkan bahwa kualitas SDM kita dengan Produk yang diciptakan di terima Pasar dunia yaitu China. Yang membutuhkan banyak Keramba jaring Apung sejenis ini karena disana sering terjadi Taifun ombak besar.

“Saya berharap Pemerintah melalui kementerian terkait harus bekerjasama dan peduli untuk menghargai Produk dalam negeri karya anak bangsa jangan sampai ada produk Import yang kualitasnya belum tentu bagus dan di gunakan Pemerintah, Berarti Pemerintah tidak cinta produk dalam negeri,” terang Dosen/Peneliti/Ketua LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) BNSP Jakarta itu.

To Top