Enam Desa Didorong Terbitkan Perdes Pencegahan Pernikahan Anak Bawah Umur – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Enam Desa Didorong Terbitkan Perdes Pencegahan Pernikahan Anak Bawah Umur

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE– Pemerintah Kabupaten Bone dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bone dengan Institute of Community Justice (ICJ) menggelar Diskusi Multistakeholder, Senin, 25 Maret pagi ini di Makassar Room, Novena Hotel Jl Jend Ahmad Yani Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang.

Kegiatan yang dihadiri perwakilan organisasi perangkat daerah dan institusi terkait, camat dan kepala desa ini dibuka langsung Wakil Bupati Bone, Drs H Ambo Dalle MM.

“Angka pernikahan dini di daerah kita masih sangat tinggi dan hal ini tentunya memberi dampak negatif baik dari kesehatan anak maupun tingginya angka perceraian,” ungkapnya.

Olehnya itu, Wabup berharap melalui diskusi multistakeholder akan muncul kesepahaman bahkan dibuatkan regulasi seperti peraturan desa (Perdes).

“Setelah ada dua desa menerbitkan Perdes pencegahan pernikahan anak dibawah umur, kita dorong enam desa lainnya untuk menyusul,” ungkapnya.

Kades Mallari Kecamatan Awangpone, A Wahyuli SPd yang telah menerapkan regulasi Perdes menegaskan jika saat melakukan sosialisasi awal sebelum pembentukan perdes, pihaknya melibatkan semua stakeholder terkait.

“Dalam Perdes tersebut sesuai kesepakatan warga, maka dikenakan denda Rp10 juta bagi warga yang menikahkan anaknya melakukan pernikahan dini,” tegasnya.

Kadis P3A Kabupaten Bone, Hj A Nurmalia SH MH sebagai salah seorang narasumber menegaskan jika
Peran Pemerintah Dalam Upaya Pencegahan Perkawinan Anak terus dilakukan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top