Fasilitas TPA Passippo memprihatinkan, Mesin Pengolahan Sampah di Bone Mangkrak – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Fasilitas TPA Passippo memprihatinkan, Mesin Pengolahan Sampah di Bone Mangkrak

PENULIS : SUDRI – MUHAMMAD IRHAM

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Fasilitas pengolahan sampah yang disediakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Passippo tak berfungsi. Beberapa diantaranya berubah menjadi besi tua layaknya barang rongsokan. Harapan pemerintah daerah untuk meraih piala Adipura hingga kini belum terwujud. Fasilitas persampahan yang menjadi pendukung penilaian belum tertangani dengan baik.

Penelusuran yang dilakukan RADAR BONE di TPA Passippo, Kecamatan Palakka, Minggu, 29 Oktober lalu menemukan beberapa mesin pengolahan sampah tak difungsikan. Setidaknya ada empat mesin pengolahan sampah yang ada, cuma satu diantaranya yang berfungsi, yakni mesin pencacah plastik. Sedangkan tiga mesin lainnya, seperti mesin press plastik, mesin pengayak untuk pembuatan kompos dan mesin pembuat butiran plastik tak berfungsi.

Salah seorang warga Passippo, Tinggi (50) mengatakan dari beberapa mesin mesin yang ada di TPA, hanya satu yang beroperasi, ”Yang sering saya lihat jalan, yaitu mesin pencacah plastik seperti botol plastik, gelas-gelas plastik. Sisanya mesin press plastik itu memang sudah lama rusak,” kata pemulung itu sambil menunjuk mesin dimaksud.
Warga setempat lainnya, Bade (50) membenarkan cuma satu mesin pengolah plastik berfungsi.

“Rata-rata rusak memang, itu saja yang sering jalan mesin pengolah plastik. Bahkan dari dulu sejak saya ada di sini tidak pernah saya lihat mesin yang paling di atas itu digunakan, apalagi mesin pengolah kertasnya saya tidak pernah lihat berfungsi,” bebernya.

Selain mesin pengolah sampah, TPA Passippo juga cuma dilengkapi satu unit alat berat. Berdasarkan sistem pengelolaan TPA standart Adipura, yakni dengan sistem Sanitary Landfill, seharusnya minimal tiga unit alat berat disiagakan. Ketiga alat berat berupa eskavator ini memiliki fungsi masing-masing, yakni untuk meratakan sampah, menggali tanah dan untuk menutup kembali sampah. Pengolahan gas metan dari sampah juga belum dilakukan di TPA Passippo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone, Ir Asmar Arabe, MM yang dikonfirmasi RADAR BONE, Rabu, 1 November kemarin, tak menampik adanya beberapa mesin pengolahan sampah yang tidak berfungsi.
Menurut Asmar, mesin-mesin yang ada di TPA Passippo sudah berumur tua, sehingga memerlukan peremajaan.

“Alat-alat yang ada di TPA memang sudah uzur. Memang sudah tidak digunakan sejak lama. Makanya, sejak kami diberi amanah di Dinas Lingkungan Hidup, kami mengecek mana-mana yang masih bisa difungsikan. Alhamdulillah, mesin pencacah plastik kini sudah berfungsi,” kata Asmar.

Untuk memungsikan mesin pencacah plastik tersebut, kata Asmar tidak gampang. Mesin yang sebelumnya menggunakan dinamo yang digerakkan listrik tersebut, diganti dengan mesin diesel, sehingga konsumsi energinya tidak boros. “Mungkin dulu boros listrik karena menggunakan dinamo berkekuatan 10 ribu watt sehingga tidak digunakan. Makanya, kami ganti dengan mesin diesel 3 PK. Alhamdulillah, sudah jalan dan difungsikan,” beber Asmar.

Adapun mesin-mesin lainnya, sambung Asmar akan dibenahi secara bertahap, seperti mesin pengayak untuk pembuatan kompos dan mesin pembuat butiran plastik akan menjadi prioritas pihaknya diperbaiki. Hanya saja, kata Asmar semua itu memerlukan anggaran yang mencukupi untuk perbaikannya. “Makanya, di tahun 2018, kami berharap ada dana-dana DAK yang bisa kita gunakan untuk membenahi semua peralatan yang kita miliki di TPA,” harap Asmar.

Diakui Asmar, aktivitas pengolahan sampah di TPA menjadi bagian item penilaian Adipura. Karenanya hal itu akan menjadi perhatian pihaknya untuk dibenahi. Meski begitu dukungan anggaran mencukupi menjadi penentu berjalannya perencanaan yang sudah dibuat.

“Dukungan anggaran ini kan untuk membiayai operasional, membayar insentif buruh dan biaya perbaikan sarana dan prasarana. Semua itu memerlukan jaminan dukungan anggaran. Jadi, ke depan memang memerlukan penambahan anggaran,” kunci Asmar.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top