Gapura ‘Songkok To Bone’ Mulai Lapuk. Rehab Mendesak – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Gapura ‘Songkok To Bone’ Mulai Lapuk. Rehab Mendesak

Warga memungut serpihan dari bangunan songkok to bone yang jatuh di badan jalan.

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Gapura ‘Songkok To Bone’ (Dulunya Gapura Songkok Recca) mulai lapuk di makan usia. Bagian atap dari gapura yang dibangun di tiga titik pada 2007 silam mulai keropos dan berpotensi membahayakan pengendara yang melintas.

Tercatat ada tiga gapura yang dibangun Pemkab Bone yang tersebar di tiga poros jalan yakni di Poros Bone-Wajo tepatnya di Lingkungan Boda, Kelurahan Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat, kemudian di Poros Bone-Sinjai, tepatnya di Kelurahan Apala Kecamatan Barebbo dan di poros Bone-Makassar tepatnya di Kecamatan Palakka.

Gapura di Poros Bone-Wajo bahkan nyaris memakan korban. Bagian atap dari gapura yang jatuh ke badan jalan, nyaris menimpa pengendara.

Peristiwa ini, viral di media sosial Facebook. Salah seorang pemilik akun, Sofyanfiank mengaku melihat langsung bagian dari gapura itu yang jatuh.

“Sekarang gapura batas kota di Boda, bangunannya mulai rapuh, berjatuhan plasternya. Kebetulan pas depan rumah, saya melihat sendiri jatuh pas di aspal. Beruntung pada saat kejadian, tidak ada pengendara melintas. Mohon kepada yang berwenang direnovasi segera sebelum bagian cornya jatuh,” ujar pemilik akun tersebut sembari menjelaskan bagian yang keropos yakni bentuk Songkok To Bone.

Pemilik akun lainnya, Arman juga memposting foto warga yang memungut serpihan reruntuhan dari gapura itu.

“Saya berharap pemerintah daerah segera tanggap. Jangan tutup mata,” tukasnya.  Wakil Ketua Komisi III DPRD Bone, H Kaharuddin berjanji akan segera mengkomunikasikan hal itu di dinas terkait dalam hal ini Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bone. Diketahui, proyek pembangunan Gapura di 2007 tersebut dianggarkan melalui dinas tersebut yang kala itu masih Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim).

“Kita akan segera komunikasikan dengan dinas terkait. Memang harus segera direhab sebelum jatuh korban,” ujar politisi Partai Demokrat itu.

Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Ahmad ST MSi yang dikonfirmasi RADAR BONE, mengaku rehab dari gapura tersebut sudah dibahas dan akan segera dianggarkan.

Ahmad menyebut, bangunan gapura Songkok To Bone terbuat dari beton. “Memang bangunannya sudah tua. Gapura ini dibangun kalau tidak salah 2006-2007 lalu. Sekarang sementara pembahasan untuk perbaikannya,” kuncinya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top