Garuda Gagal Lewati Verifikasi Faktual di Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Garuda Gagal Lewati Verifikasi Faktual di Bone

13 Parpol Lolos Pemilu 2019

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Partai Garuda Kabupaten Bone, dipastikan gagal mengikuti Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di Kabupaten Bone. Itu setelah partai ini gagal melewati tahap verifikasi faktual di Komisi Pemilihan Umum (KPU). KPU telah memplenokan 13 partai politik yang memenuhi syarat mengikuti Pileg melalui rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual kepengurusan, keterwakilan perempuan, domisili kantor dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu 2019 tingkat Kabupaten Bone, Kamis 8 Februari kemarin.

Komisioner KPU, Isharul Haq menyebutkan, Garuda gagal melewati tahap verifikasi keanggotaan. Sementara dua partai baru lainnya masing-masing Perindo dan Berkarya dinyatakan memenuhi syarat dan berhak mengikuti Pemilu 2019 bersama 11 partai politik lainnya.

“Itu berdasarkan hasil verifikasi kami. Jadi dipastikan di Bone ada 13 partai politik yang memenuhi syarat mengikuti Pileg 2019,” jelasnya.
Isharul juga menyebutkan, partai politik wajib mengakomodir 30 persen keterwakilan perempuan. Persyaratan ini menjadi fokus tim verifikator KPU dalam menverifikasi faktual partai politik, calon perserta pemilu 2019 beberapa waktu lalu.

Diketahui, verifikasi faktual partai politik berlangsung selama tiga hari dari 30 Januari sampai 1 Februari lalu. “Selain keterwakilan perempuan, tentu kita fokus juga pada kepengurusan, keanggotaan dan sekretariat partai,” tukasnya.

Isharul Haq menegaskan, seluruh persyaratan tersebut wajib dipenuhi partai politik. “Keterwakilan 30 persen perempuan, termasuk kepengurusan, keanggotaan dan sekretariat partai. Itu semua persyaratan yang harus dipenuhi partai politik,” kuncinya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top