Gempa 4,6 SR Getarkan Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Gempa 4,6 SR Getarkan Bone

ilustrasi

PENULIS : ROSDIANA SULJA

WATAMPONE, RB—Warga Bumi Arung Palakka mendadak panik usai menunaikan ibadah salat Magrib, Senin 31 Oktober kemarin sekira pukul 18.14 Wita. Pasalnya, bumi dirasakan bergetar hingga beberapa detik. Beberapa warga yang berada di rumah malah merasakan getaran cukup kuat.

“Saya sedang berada di rumah dan merasakan rumah bergoyang. Bahkan barang-barang dari atas lemari jatuh dan menimpa saya,” tutur Yusuf, warga Jl A Malla. Getaran gempa yang masih berskala rendah ini tidak hanya dirasakan warga wilayah
kota, tapi juga hingga ke kecamatan, seperti Awangpone, Ponre, Lapri dan Lamuru.

“Di Lamuru terasa getarannya. Bahkan anak-anak saya suruh keluar rumah,” ujar Nasrullah, warga Lamuru malam tadi. Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Bone, H Bahar Kadir SH MH yang dikonfirmasi RADAR BONE membenarkan adanya gempa yang terjadi.

“Saya sudah mendapatkan konfirmasi dari BMKG dan memang terjadi gempa berkekuatan 4,6 skala richter pukul 18.14 wita, Senin malam 31 Oktober di lokasi 4,70 Lintang Selatan, 120 Bujur Timur, di darat 8 kilometer di wilayah Barat Laut Sulsel Bone dengan kedalaman 10 kilometer dirasakan 2-3 mmi di Makassar,” bebernya melalui sambungan telepon .

Bahar pun meminta agar warga mewaspadai cuaca ekstrem.
“Cuaca sekarang memang agak ekstrem jadi semua harus waspada. Jika terjadi getaran segera berlindung,” imbaunya.
Hanya saja, sayangnya alat pendeteksi gempa yang dimiliki BPBD dikabarkan rusak, sehingga sulit mendeteksi peristiwa gempa tanpa melalui BMKG.

*ASKAR SYAM

To Top