Genjot PAD, Pemda Ajukan 5 Ranperda – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Genjot PAD, Pemda Ajukan 5 Ranperda

ilustrasi

PENULIS : LUKMAN SARDY

SINJAI, RB–Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kabupaten Sinjai akan mengajukan lima rancangan peraturan daerah (Ranperda) ke DPRD untuk disahkan menjadi peraturan daerah.
Lima rancangan peraturan daerah yang akan diajukan ke DPRD meliputi ranperda penanaman modal, perubahan retribusi tempat rekreasi dan olahraga, perubahan perda tentang retribusi pengendalian menara telekomunikasi, ranperda perlindungan dan pemberdayaan pasar tradisional serta penataan dan pengendalian pasar modern dan ranperda perubahan atas perda nomor 14 tentang retribusi pasar grosir atau pertokoan.
Kepala Bagian Hukum dan HAM Setdakab Sinjai, Lukman Dahlan mengatakan, kelima ranperda tersebut dianggap sangat dibutuhkan pemerintah daerah untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan otonomi daerah.
“Tim perumus, saat ini tengah merampungkan ranperda tersebut dengan mengkaji lebih dalam terkait materi muatan dan tata naskahnya sebelum diajukan ke DPRD dan dilakukan uji publik kepada masyarakat,” ungkapnya, Senin 6 Juni kemarin.
Setelah merampungkan materi dari ranperda tersebut, selanjutnya kata dia, akan diajukan ke Kementerian Hukum dan HAM RI untuk dievaluasi.
“Setelah itu baru diajukan ke DPRD Sinjai. Rencana awal kita akan ajukan Mei lalu, namun karena ada aturan baru yang memberikan syarat tambahan harus melibatkan perancang dari Kementerian Hukum dan HAM, jadi kita bawa dulu kesana lalu bisa diajukan ke DPRD,” kunci Lukman.

 

*ASKARSYAM

To Top