Godok Ranperda Disabilitas Pansus DPRD Bone Sambangi Kemensos – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Godok Ranperda Disabilitas Pansus DPRD Bone Sambangi Kemensos

PENULIS : ASKAR SYAM

RADARBONE.CO.ID–Panitia Khusus (Pansus) rancangan peraturan daerah DPRD Kabupaten Bone, menggelar studi banding di Jakarta, Senin 17 Juli 2017. Salah satu yang dituju, yakni Kementerian Sosial di Jakarta.

Diketahui pansus yang digawangi Rismono Sarlim dan A Yusuf Akbar Amier, tengah menggodok empat ranperda, dua diantaranya merupakan ranperda inisiatif DPRD, masing-masing Ranperda Kabupaten Sehat dan Ranperda Disabilitas.

Ketua pansus, Rismono Sarlim kepada radarbone.co.id mengatakan, kunker pansus di Kementerian Sosial, membahas diantaranya persoalan sanksi dan kuota 2 persen.

“Kementerian sosial mengapresiasi DPRD bersama pemda yang merancang ranperda perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, yang mana perda tersebut merupakan kepentingan kita semua,” ungkapnya.

Mengenai sankai pidana, kemeterian menganjurkan agar UU Nomor 8 Tahun 2016 Pasal 144, diterapkan agar pelanggar yang tidak memenuhi hak-hak penyandang disabilitas, dapat ditindak dan meminimalisir tindakan diskriminatif terhadap penyandang dissabilitas.

“Hanya saja disayangkan perwakilan dari pemerintah daerah tidak hadir, padahal ranperda ini tidak dapat berjalan ketika tidak ada koordinasi antara pemda dan DPRD,” pungkasnya.

*

To Top