Golkar Raih Suara Terbanyak, Tiga Figur Menguat Di Posisi Ketua DPRD Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Utama

Golkar Raih Suara Terbanyak, Tiga Figur Menguat Di Posisi Ketua DPRD Bone

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE— Pleno KPU telah menetapkan perolehan suara masing-masing partai politik peserta pemilu. Sebanyak 12 parpol berhasil meraih kursi di parlemen, empat diantaranya mengunci posisi unsur pimpinan dewan.

Partai Golkar otomatis mengunci kursi ketua DPRD Bone. Perolehan suara partai Golkar di lima daerah pemilihan, mencapai 81.515 suara. Hanya saja, perolehan suara Golkar anjlok jika dibandingkan perolehan suara pada Pemilu 2014. Pada pemilu 2014, Golkar meraih suara total 130.985 dengan raihan 15 kursi. Itu artinya, perolehan suara Golkar, menyusut 49.470 suara.

Sementara pada pemilu 2019, Golkar hanya mampu meraup 9 kursi. Kendati perolehan suara Golkar melorot, namun partai ini masih meraih tiket untuk posisi Ketua DPRD. Meski Golkar belum menunjuk siapa caleg yang diplot jadi ketua kelak. Di internal Golkar, setidaknya ada tiga nama yang beredar bakal mengisi posisi pimpinan dewan, yakni A Akbar Yahya (Ketua DPRD saat ini), Irwandi Burhan (Peraih suara tertinggi Golkar) dan A Idris Alang (Ketua Komisi II DPRD).

Kans kuat Akbar kembali pimpin dewan untuk kedua kalinya karena memiliki pengalaman. Namun demikian, dua nama lainnya Irwandi Burhan dan Idris Alang tak bisa dianggap remeh. Kedua figur Golkar ini selain memiliki kapasitas, juga cukup dekat dengan Ketua DPD I Golkar Sulsel HAM Nurdin Halid. “Semua kader berpeluang. Tinggal kita menunggu siapa yang ditunjuk oleh partai,” tutur A Idris Alang.

Tokoh senior Partai Golkar yang juga Ketua Komisi I DPRD Bone, HAM Amin Mangunsara menyebut ada tiga kader Golkar yang memiliki kompetensi dan dipandang layak menduduki posisi Ketua DPRD Bone.

“Ketiganya (A Akbar Yahya, A Idris Alang, Irwandi Burhan), memang memiliki kompetensi. Namun jika dilihat dari kemampuan wawasan dan pengalaman, saya kira A Idris Alang lebih kompeten. Dia master hukum dan menjabat Ketua Baleg serta berpengalaman memimpin komisi. Sementara kita ketahui, fungsi legislasi di dewan itu juga penting dan Idris Alang paham betul soal fungsi itu,” ujar Amin kepada RADAR BONE, Selasa 7 Mei kemarin.

Apalagi kedepan, dibutuhkan figur yang mampu mengayomi dan tegas dalam mengambil keputusan. Apalagi lanjut dia, DPRD kedepan didominasi figur muda.

“Era kemarin beda dengan sekarang, lebih kompleks dan butuh energi besar. Dan saya yakin, DPP saat ini sudah berhitung siapa figur yang cocok untuk memimpin dewan. Termasuk Pak NH (Nurdin Halid) selaku Ketua DPD Golkar Sulsel, saya kira sudah mempertimbangkan siapa kader yang cocok di posisi Ketua DPRD Bone,” pungkasnya.

Untuk kursi wakil Ketua I, mutlak menjadi milik Gerindra. Gerindra yang berhasil mempertahankan perolehan lima kursi, mengumpulkan total suara 41.920. Perolehan suara Gerindra, justru meningkat jika dibandingkan pemilu 2014. Pada Pemilu 2014, Gerindra hanya meraup 40.192 suara. Selain Golkar. Gerindra juga mengunci posisi wakil ketua I. Untuk mengisi posisi ini, H Ramang yang saat ini menjabat Ketua Fraksi Gerindra memiliki kans kuat.

Untuk PAN, posisi Wakil Ketua DPRD dipastikan akan diisi oleh Ketua DPD PAN Bone, A Wahyudi Taqwa. Adapun Demokrat yang meraih suara terbesar keempat dengan total 35.390 suara juga memiliki tiket posisi Wakil Ketua. Untuk posisi ini setidaknya ada dua nama yang beredar, yakni Muhammad Amir dan Kaharuddin. Amir adalah Ketua Fraksi Demokrat saat ini. Sedangkan Kaharuddin memiliki pengalaman pernah menjadi Wakil Ketua pada pileg 2009 lalu (Komposisi perolehan kursi DPRD lihat grafis). Adapun caleg yang meraih berhasil kursi di DPRD Bone nyaris tak meleset dari prediksi RADAR BONE sebelumnya.

Sekretaris DPD Demokrat Bone, Suardi Pirdaus menegaskan, pihaknya masih belum memikirkan siapa yang akan mengisi posisi wakil ketua.

“Kalau lima kursi, iya kami sudah optimis, tapi untuk posisi wakil ketua, nantilah, itu akan dibicarakan lagi,” ujar Suardi kepada RADAR BONE, kemarin.

Ketua Fraksi Gerindra, H Ramang menegaskan, semua caleg Gerindra yang terpilih, memiliki peluang untuk mengisi posisi wakil ketua, termasuk dirinya. “Kita serahkan semua ke partai. Partai yang menentukan siapa kader terbaiknya yang pantas menempati posisi itu (Wakil ketua),” tukasnya.

Diketahui pada Pileg 2014 lalu, komposisi pimpinan DPRD Bone diisi A Akbar Yahya dari Golkar (Ketua DPRD), Hj A Samsidar dari Gerindra (Wakil Ketua), Usman T perwakilan PAN (Wakil Ketua) dan A Taufik Kadir dari Nasdem (Wakil Ketua).

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top